web analytics
header

Lagi, Ujian Nasional Dipertanyakan

Makassar, Eksepsi Online-Menanggapi pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang menimbulkan kontroversi di semua kalangan, Asian Law Student Association (ALSA) mengadakan seminar berkerjasama dengan beberapa universitas di Indonesia, dengan tema; UN menjerat, Siswa Menjerit. Universitas yang turut serta dalam seminar tersebut adalah Universitas Sam Ratulangi, Universitas Padjajaran, dan Universitas Syiah Kuala Aceh. Acara tersebut berlangsung di ruang video conference (Vicon) Prof Laica Marzuki FH-UH, Selasa (14/5).
Dalam kesempatan tersebut, Iin Kharita Shakarina, Dosen Hukum Internasional (FH-UH), memaparkan masalah terkait persoalan UN. Ia mengatakan bahwa UN pada dasarnya sudah dihapus bahkan sudah sampai pada tahap kasasi.
Lebih lanjut, salah satu masalah menurut Iin adalah soal UN yang disamakan di setiap daerah. Tentu hal tersebut menjadi momok bagi siswa di pelosok desa karena fasilitas dan kualitas pelajaran yang berbeda dengan siswa di kota. “UN tetap dilaksanakan, hanya saja sistemnya yang harus diubah”. Ungkapnya.
Diwawancarai akhir acara, Waris selaku Ketua Panitia menuturkan, “semoga video conference ini adalah program kerja yang tidak berhenti sampai disini saja, tapi diteruskan di kepengurusan selanjutnya”. (SYL, Fai-Magang)

Related posts: