web analytics
header

ALSA Gelar Video Conference Tentang Lingkungan Hidup

Makassar, Eksepsi Online-Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Asian Law Study Assosiation Local Chapter (ALSA LC) Unhas kembali menggelar acara Video Conference, Jumat (31/5). Kegiatan rutin ALSA di seluruh Indonesia tersebut kali ini diprogramkan oleh ALSA LC Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang dan ALSA LC Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung. Acara ini mengangkat tema mengenai Perlindungan Hak Asasi Manusia Terhadap Masyarakat yang Paling Terkena Dampak dari Perubahan Iklim.
Bertempat di Aula Prof Laica Marzuki Fakultas Hukum Unhas (FH-UH), acara ini berlangsung dari pukul tiga sore hingga pukul lima sore. Laode Abdul Gani, dosen bagian hukum internasional FH-UH, hadir sebagai pembicara dari FH-UH. Di samping itu, sejumlah dosen dari beberapa universitas peserta acara juga turut memberikan materi. Universitas yang berpartisipasi dalam vicon kali ini selain tiga universitas yang disebutkan di atas antara lain adalah Universitas Sudirman (Unsud) Purwokerto, Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, dan Universitas Mataram (Unram).
Pada materi yang disiapkan oleh Laode Abdul Gani dalam bentuk modul, dijelaskan beberapa kondisi objektif di Indonesia terkait dengan tema diskusi. Antara lain adalah penggudulan hutan secara masif dari lima pulau besar di Indonesia, marjinalisasi masyarakat marjinal, diskriminasi penegakan hukum, dan kemiskinan permanen masyarakat pesisir. Kemudian selain itu, dalam presentasi yang dibawakan oleh pemateri dari Unpad, dijelaskan bahwa beberapa hal yang memengaruhi kondisi lingkungan hidup terkait dengan perubahan iklim adalah alih teknologi dan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). (Dim)

Related posts: