Rabu , November 14 2018
Home / LIPUTAN / Feature / Objek Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar Penuh Daya Tarik

Objek Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar Penuh Daya Tarik

Oleh: Asrul Ashari
K
abupaten Kepulauan Selayar adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibukota kabupaten Kepulauan Selayar adalah Kota Benteng. Kabupaten ini memiliki luas 10.503,69 km² (wilayah daratan dan lautan) dan berpenduduk sebanyak ±134.000 jiwa. Kabupaten Kepulauan Selayar terdiri dari dua sub area wilayah pemerintahan yaitu wilayah daratan yang meliputi kecamatan Benteng, Bontoharu, Bontomanai, Buki, Bontomatene, dan Bontosikuyu serta wilayah kepulauan yang meliputi kecamatan Pasimasunggu, Pasimasunggu Timur, Takabonerate, Pasimarannu, dan Pasilambena.
Selain nama Selayar, pulau ini dinamakan pula dengan nama Tana Doang yang berarti tanah tempat berdoa. Di masa lalu, Pulau Selayar menjadi tempat berdoa bagi para pelaut yang hendak melanjutkan perjalanan balik ke Barat maupun ke Timur untuk keselamatan pelayaran mereka. Dalam kitab hukum pelayaran dan perdagangan Amanna Gappa (abad ke-17), Selayar disebut sebagai salah satu daerah tujuan niaga karena letaknya yang strategis sebagai tempat transit baik untuk pelayaran menuju ke Timur dan ke Barat.
Kabupaten Selayar yang merupakan salah satu Kabupaten dalam wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 1959 tentang Pembentukan Daerah Tingkat II di Sulawesi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1959 Nomor 74, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 1822). Yang kemudian berubah nama menjadi Kabupaten Kepulauan Selayar berdasarkan PP. No. 59 Tahun 2008.
Keadaan alam yang unik berupa kepulauan dan perairan laut yang luas menjadikan Kabupaten Selayar memiliki potensi yang cukup besar bagi pengembangan pariwisata, terutama wisata bahari.
Objek wisata yang terkenal di Kabupaten Kepulauan Selayar adalah Taman Nasional Taka Bonerate dengan total Luas Kawasan 530,765 Ha. Selain itu, terdapat juga objek wisata seperti Pantai Pa’badilan (Kec. Bontomatene), Pantai Pinang (Kec. Bontosikuyu), Pantai Baloyya (Kec. Bontoharu) dan Pantai Jeneiya (Kec. Bontoharu). Objek wisata tersebut cocok untuk kegiatan diving, snorkeling, sunbathing, camping, cannoeing, dan lain-lain.
Selain wisata bahari, terdapat juga wisata alam seperti Air Terjun Ohe Gonggong (Kec. Bontosikuyu), Gua Majapahit (Kec. Pasimarannu), Permandian Alam Balang Kalambu (Kec. Bontoharu), Danau Pulau Teterang (Kec. Pasimarannu), dan Air Terjung Suttia (Kec. Bontomanai).
Obyek wisata peninggalan budaya seperti Gong Nekara, Masjid Tua Gantarang Lalanbata, Makam Tua Silolo dan Jangkar Raksasa di Padang merupakan daya tarik tersendiri. Selain itu, Battik-battik, Rambang-rambang, A’ngaru, dan Tari Pakarena Gantarang merupakan aktraksi kesenian berupa tarian tradisional peninggalan budaya yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar .
Peluang investasi yang prospektif untuk dikembangkan di sektor pariwisata meliputi pembangunan hotel, pengembangan kawasan wisata serta penyediaan sarana dan prasarana wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*