web analytics
header

KERTAS Menjadi Ajang Silaturahim Mahasiswa se-Indonesia

Makassar, Eksepsi Online-Dalam rangka menyambut ulang tahun Lembaga Penalaran dan Penulisan Karya Ilmiah (LP2KI) Fakultas Hukum Unhas (FH-UH) sekaligus menjalankan program kerja, LP2KI menggelar Kompetisi Esai dan Karya Tulis Mahasiswa (KERTAS) 2013 dengan tema “Ide Brilian Indonesia Cemerlang,” Minggu (21/9).

Pembukaan KERTAS ini berlangsung sejak pukul 09.15 WITA di Aula Prof  Mattulada Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas. Ditandai dengan pemukulan gendang, kegiatan ini dibuka langsung oleh Nasaruddin Salam (Wakil Rektor III Unhas).

Pembukaan dihadiri oleh Anwar Borahima (Dosen Pembina LP2KI), Nasaruddin Salam (Wakil Rektor III Unhas), serta 12 universitas yang menjadi finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan esai. Para finalis tersebut anatara lain terdiri dari, Universitas Internasional Batam, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Indonesia, Universitas Kristen Maranata, Universitas Sebelas Maret, Universitas Udayana, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Indonesia, dan Universitas Hasanuddin.

Pagelaran KERTAS didukung oleh beberapa sponsor dan media partner. Di antaranya adalah,  Celebes TV, Celebes Online, Bosowa Radio, Share Studio 14, KPK RI, Kalla Group, Kalla Educare, Dinas Perhubungan dan Pariwisata Kota Makassar, Pasific Hotel, Trans Studio Makassar, dan Pusat Ole-Ole Panorama Somba Opu Makassar.

Dalam sambutannya, Nasaruddin Salam mengajak mahasiswa untuk terus berkarya. “Seseorang  diukur karena tindakannya, bukan karena pikirannya saja. Tapi jika sudah ada tindakannya, kemudian dibarengi dengan tulisan, maka itulah hakikat ukuran seseorang,” ungkap dosen Fakultas Teknik Unhas ini.

Sementara Itu, Ketua Panitia KERTAS 2013, Rachmat Abdiansyah, mengatakan bahwa KERTAS ini merupakan salah satu rangkaian dari ulang tahun LP2KI. “Kegiatan ini bertujuan untuk menyambung tali silaturahim antarmahasiswa yang ada di Indonesia, menggali pemikiran kritis kepada mahasiswa, bagaimana menanggapi hak konstitusional dan korupsi, serta menuangkannya dalam sebuah karya tulis atau esai,” ungkap mahasiswa Fakultas Hukum Unhas angkatan 2011 ini, ketika ditemui oleh Kru Eksepsi di depan Sekretariat LP2KI. (Rsn)

(Pernah diterbitkan sebagai rubrik Aktivitas pada mading Pledoi LPMH-UH edisi September 2013)

Related posts: