web analytics
header

LDHKMI Lingkup Nasional Resmi Terbentuk


Makassar, Eksepsi Online-Lembaga Debat Hukum dan Konstitusi Mahasiswa Indonesia (LDHKMI) lingkup nasional resmi terbentuk. Peresmian itu dilaksanakan di Mahkamah Konstitusi setelah diadakannya Konferensi dan Sosialisasi Lembaga dan Insan Debat Seluruh Indonesia (KONSOLIDASI) yang dihadiri 24 perwakilan uinversitas seluruh Indonesia di Universitas Pancasila, Jakarta pada Sabtu-Senin (13/2) lalu.
Konferensi yang dihadiri oleh 24 perwakilan Fakultas Hukum tersebut menggagas terbentuknya lembaga debat nasional yang mampu menaungi seluruh lembaga debat hukum mahasiswa yang ada di Indonesia. Ridwan Saleh, salah satu penggagas LDHKMI yang juga Ketua Lembaga Debat Hukum dan Konstitusi (LeDHak) Universitas Hasanuddin mengatakan, dasar pembentukan lembaga debat mahasiswa nasional ini karena adanya keprihatinan terhadap permasalahan-permasalahan debat serta ketidakmerataan informasi debat nasional apa saja yang sedang dan akan berlangsung. Selain itu, masih belum adanya metode debat yang berskala nasional semakin menimbulkan ketidaksamaan teknik berdebat antar universitas di Indonesia.
Ridwan Saleh, Penggagas LDHKMI/Pribadi
“Kami merasa prihatin terhadap permasalahan debat yang sering terjadi. Informasi seputar debat apa saja yang sedang dan akan berlangsung tidak merata secara nasional sehingga sulit untuk berkomunikasi ke universitas lain, bahkan bagaimana teknik berdebat secara nasional juga belum ada,ungkapnya saat ditemui beberapa waktu lalu.
Konferensi ini merupakan konferensi lanjutan setelah diadakannya KONSOLIDASI pertama di Universitas Hasanuddin, 11 sampai 13 Desember 2013 lalu yang berujung pada ide pembentukan LDHKMI Nasional. Dari hasil KONSOLIDASI kedua ini  kemudian menetapkan Mahendra Seftianzah dari Universitas Sultan Agung Tirtayasa sebagai Koordinator Pusat mengetuai koordinator-koordinator dari beberapa wilayah lainnya di Indonesia, dan St. Dwi Adiyah Pratiwi dari Universitas Hasanuddin sebagai Sekretaris Jenderal. Tanggal 2 Februari 2014 juga dipilih sebagai tanggal resmi berdirinya LDHKMI.
Ridwan menambahkan, kedepannya LDHKMI ini diharapkan mampu menjadi wadah pemersatu lembaga-lembaga debat berskala nasional dan menjadi jalan keluar permasalahan-permasalah debat yang terjadi, sekaligus menjadi contoh kelembagaan penyaluran minat dan bakat berdebat.

“Sebagai anggota LDHKMI dan merupakan pengurus LeDHaK Unhas, saya berharap LDHKMI ini tidak hanya menjadi wadah pemersatu lembaga-lembaga debat yang ada, namun juga mampu menjadi contoh kelembagaan penyaluran minat dan bakat berdebat yang merupakan modal utama mahasiswa hukum, agar nantinya dapat menghasilkan kader-kader yang hebat,ungkap Ridwan. (Aldy Sido/Magang)

Related posts: