web analytics
header

DJD-PCA LPMH-UH Diikuti Mahasiswa Lintas Kampus

Makassar, Eksepsi Online-Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Pers Mahasiswa Hukum Unhas (UKM LPMH-UH) kembali mengadakan Diklat Jurnalistik Dasar-Penerimaan Calon Anggota (DJD-PCA) bertema Kawal Perubahan Beritakan Kebenaran. Acara berlangsung di Aula Harifin A Tumpa, Fakultas Hukum Unhas (FH-UH), Sabtu-Minggu (14-15/2).

Dari 36 orang peserta, 22 orang adalah mahasiswa FH-UH. Lainnya berasal dari Unismuh dan UNM. Ada juga peserta dari lembaga pers mahasiswa PK Identitas Unhas, LPK Gaung UKI Paulus, dan LPM Sinovia Fakultas Kedokteran Unhas. Selain itu, peserta juga ada yang berasal dari Fakultas Kesehatan Gigi dan FISIP Unhas.

Pembukaan acara DJD-PCA, Sabtu (14/2), yang tidak sempat dihadiri pihak dekanat, dibuka langsung oleh Presiden BEM FH-UH Dhian Fadlhan Hidayat. Dalam sambutannya, ia mengharapkan lembaga pers mahasiswa melakukan kontrol terhadap kebijakan birokrasi kampus. Pers mahasiswa menurutnya hadir untuk memberitakan fakta yang sebenarnya terjadi, tanpa menutupi keadaan sebenarnya. “Jadi pemberitaan itu jangan hanya tentang kebaikan saja, tetapi kebenaran,” tuturnya.

DJD-PCA merupakan salah satu prosesi yang wajib dilalui mahasiswa FH-UH untuk menjadi anggota biasa LPMH-UH. Setelah itu, peserta harus melulusi prosesi pemagangan dan mengikuti pengukuhan untuk menjadi anggota biasa LPMH-UH. Sedangkan bagi peserta bukan mahasiswa FH-UH, mengikutinya sebagai ajang pendidikan dan latihan terkait dasar-dasar jurnalistik.

Selain DJD-PCA LPMH-UH, sejumah ajang perekrutan anggota oleh organisasi kemahasiswaan intra FH-UH menumpuk bulan ini akibat molornya pelaksanaan prosesi Pengaderan Mahasiswa Hukum (PMH). Seminggu yang lalu, Sabtu-Minggu (7-8/2) penerimaan anggota baru dilaksanakan UKM LP2KI. Kemarin, Jumat (13/2), UKM Carefa Unhas juga melakukan pembukaan prosesi perekrutan anggota. Setelah itu, pada Sabtu-Minggu (14-15/2), selain LPMH-UH, perekrutan juga dilakukan oleh UKM BSDK dan UKM Karate-Do Gojukai. Selanjutnya, pada Sabtu-Minggu (21-22/2), perekrutan akan diselenggarakan UKM Sepak Bola dan UKM AlSA LC Unhas. Waktu perekrutan anggota bulan ini semakin padat karena sejumlah organisasi ektra FH-UH juga melakukan perekrutan anggota baru. (RTW)

Related posts: