web analytics
header

Pengunjung Ruang Baca Tinggi, Keamanan Bermasalah

Makassar, Eksepsi Online-Ruang Baca Fakultas Hukum Unhas (FH-UH) kian ramai  dikunjungi mahasiswa. Bukan hanya mahasiswa FH-UH, tapi juga beberapa mahasiswa dari fakultas lain. Pegawai perpustakaan FH-UH Nurhidayah menuturkan bahwa belakangan mahasiswa mulai aktif memanfaatkan ruang baca. “Minat baca mahasiswa sangat bagus. Selain itu, banyak juga di antara mereka  menyelesaikan tugas yang diberikan dosen diperpustakaan ini,” ungkapnya.

Seiring dengan  besarnya minat mahasiswa untuk mengunjungi Ruang Baca, kualitas sarana dan prasarana dinilai perlu diperhatikan. Untuk itu, pembenahan fasilitas Ruang Baca harus ditingkatkan. “Sarananya sudah bagus. Cuma ruangannya mungkin yg harus lebih diperluas. Selain itu, persedian buku perlu ditambah,”  ujar Pengunjung Ruang Baca Ahmad Yani

Terkait persediaan buku Nurhidayah juga membenarkan bahwa buku yang ada belum lengkap untuk seluruh disiplin ilmu. “Memang ada beberapa buku yang belum ada, seperti buku HI,” ungkap pegawai yang bekerja di Ruang Baca FH-UH sejak 1999 ini.

Di sisi lain, masalah keamanan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pengunjung Ruang baca FH-UH. Banyak di antara pengunjung mengeluh akibat kurang ketatnya pengamanan, khususnya terhadap barang-barang pengunjung. Nurhidayah pun mengakui keamanan di Ruang Baca ini masih kurang ketat. Bahkan tuturnya, ada beberapa mahasiswa yang pernah kehilangan barang yang ditaruh di tempat penyimpanan barang. “Kalau perlu disediakn CCTV untuk lebih memberikan rasa aman kepada pengunjung,” sambungnya.

Suyanto adalah salah seorang mahasiswa yang pernah kehilangan barang pada tempat penyimpanan barang. Untuk itu, mahasiswa Program Studi Hukum Administrasi Negara ini mengharapakan keamanan di Ruang Raca lebih diperketat agar tidak ada korban lain yang senansib dengannya. “Iya, memang benar saya pernah kehilangan barang berupa uang. Waktu itu saya simpan tas di tempat penyimpanan barang. Pas saya kembali, tas sudah terbuka dan uang raib Rp 100 ribu,” tuturnya (Rizman Hadiwijaya/Magang)

Related posts: