Rabu , Januari 17 2018
Home / LEMA FH-UH / UKM / CAREFA / Diksar UKM Carefa Ajak Peserta Peka Persoalan Lingkungan

Diksar UKM Carefa Ajak Peserta Peka Persoalan Lingkungan

Makassar, Eksepsi Online-Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam Recht Faculteit (UKM Carefa) mengadakan perjalanan lintas alam sebagai rangkaian Pendidikan Dasar (Diksar) ke-20. Perjalanan dilakukan tanggal 25 Februari hingga 1 Maret lalu dengan rute Malino-Maros. Kegiatan outdoor ini merupakan rangkaian Diksar yang harus dilalui calon anggota yang ingin bergabung di UKM Carefa. Di samping melatih ketahanan fisik dan mental, peserta kegiatan juga dituntut untuk peka terhadap kondisi lingkungan.

Lebih lanjut, diungkapkan Panitia Diksar UKM Carefa Hendri Leonard bahwa peserta juga dilatih untuk belajar berinteraksi dengan masyarakat. “Dalam perjalanan, peserta seringkali diundang oleh masyarakat sekedar beristirahat di rumah mereka. Masyarakat sekitar sangat mudah berbaur dengan peserta Diksar, dan dari merekalah peserta belajar. Pendekatan pada masyarakat seperti inilah yang juga menjadi tujuan Diksar,” jelas nya singkat.

Salah seorang peserta Diksar, Muhammad Agung Zardany menuturkan kesan mendalamnya setelah mengikuti Diksar.  Ia mengaku hubungan erat sesama peserta maupun pengurus terjalin melalui kegiatan tersebut. ”Kegiatan outdoor ini sangat mengesankan sebab saya memperoleh banyak nilai-nilai kehidupan di alam. Salah satunya bagaimana kita menghargai sesama. Rasa canggung antara senior dan junior pun  tidak saya temui selama outdoor karena kita memang dibentuk dengan persaudaraan. Tetapi tentu saja rasa hormat itu harus selalu dipegang,” jelas Agung. (Andi Mutmainnah/Magang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*