web analytics
header

Menjawab Permasalahan Ekonomi Indonesia, Lp2ki Fh-Uh Adakan Diskusi

Makassar, Eksepsionline – Lembaga Penalaran dan Penulisan Karya Ilmiah (LP2KI) Fakultas Hukum Unhas kembali mengadakan diskusi eksternal terkait tantangan ekonomi global yang akan di hadapi Indonesia. Kegiatan yang mengangkat tema Peta Tantangan Ekonomi Global: Telaah kritis Pengaruh Ekonomi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2015 tersebut berlangsung di Aula Harifin A Tumpa FH-UH, Selasa (8/9).

Diskusi yang dimulai sejak pukul 10.00 wita pagi itu kembali membahas isu penting kondisi ekonomi pada tahun 2015 ini. Pakar hukum ekonomi internasional Prof. Dr. Juajir Sumardi, S.H., M.H dan Anas Iswanto Anwar, S.E., M.A., hadir sebagai pemateri pada diskusi tersebut. Dalam materinya, Prof. Dr. Juajir Sumardi, S.H.,M., kembali mengkritik dan khawatir terhadap kondisi ekonomi yang tengah dihadapi Indonesia terkait nilai tukar rupiah terhadap dollar yang telah mencapai Rp. 14.000 per dollarnya.

“Indonesia akan terkena imbas seperti Orde baru, dimana perkembangan ekonomi berlangsung, tetapi kesejahteraan masyarakat tidak bertambah, karena terjadi banyak penguasaan asing.” Ungkapnya. Ia pun menambahkan, pertumbuhan ekonomi tidak berarti mampu mensejahterakan rakyat kecil yang berarti tidak boleh terjebak pada pendekatan kuantitatif saja, “Kita tidak boleh terjebak pada pendekatan kuantitatif saja, karena percuma pertumbuhan ekonomi tinggi, tetapi hasilnya yang nikmati kalangan atas.” Ia mengungkapkan pemerintah Indonesia harus menggerakkan sektor-sektor industri, sektor-sektor ekonomi produktif (mikro) dengan memberikan partisipasi  yang dalam rangka memproteksinya supaya inodonesia mampu bangkit dari keterpurukan ekonomi.

Diskusi yang berakhir pukul 12.00 wita tersebut di akhiri dengan sesi tanya jawab dengan peserta diskusi yang berasal dari mahasiswa fakultas hukum. Zulfikri Amin selaku ketua panitia mengungkapkan, diskusi ini sengaja dilaksanakan guna menjawab keresahan-keresahan masyarakat dan mahasiswa terkait kondisi ekonomi Indonesia.

“Kami sengaja mengambil tema diskusi ini karena saat ini sedang hangat-hangatnya terkait nilai tukar rupiah, selain itu dengan diadakannya diskusi ini kami dapat memberikan informasi terperinci dari pakarnya sehingga mampu menjawab pertanyaan masyarakat yang ada.”

LP2KI adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) fakultas hukum unhas yang bergerak dalam dunia penulisan ilmiah. UKM ini banyak berpartisipasi dalam kompetisi penulisan essai dan karya ilmiah yang di sela-sela kegiatannya selalu mengadakan diskusi internal maupun yang mencakup lingkup eksternal demi membahas isu-isu yang sedang hangat di masyarakat . (Als)

 

Related posts: