Selasa , Juli 24 2018
Home / LIPUTAN / Aktifitas / Care and Share Bersama Carefa

Care and Share Bersama Carefa

Makassar, Eksepsi Online-Senin (5/10), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pecinta Alama Recht Fakultate (Carefa) menggelar acara donor darah. Kegiatan bertempat di Ruang Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (FH-UH). Donor darah yang digelar UKM Carefa bukanlah yang pertama kalinya, kegiatan serupa telah diadakan sebelumnya. “Tahun ini partisipan lebih banyak dari tahun lalu. Kalau tahun lalu hanya sekitar tiga puluh orang, kalau tahun ini ada 28 yang langsung mendonor di sini, dan sekitar dua belas orang diminta untuk mendonor langsung di UPTD Transfusi Darah. Mereka ini yang bergolongan darah O dan B,” jelas A. Muhammad Ilham P selaku Steering dalam acara tersebut.  

Acara donor darah tersebut dinilai meningatkan rasa kepedulian mahasiswa terhadap sesama, dan efeknya ke pendonor yaitu dapat menyehatkan, seperti yang diutarakan Syahrul Alam sebagai salah satu pendonor darah “Selain untuk kesehatan, baik itu kesehatan hati, jiwa, atau pikiran, kegiatan ini juga untuk beramal karena dorongan kemanusiaan,” ujarnya. Meski demikian Syahrul Alam mengaku baru mengetahui informasi kegiatan pagi tadi, “Saya juga baru tahu acara ini pagi tadi. Kalau saja sosialisasinya lebih bagus lagi pasti akan ada lebih banyak pendonor,” kata Syahrul. Pihak Carefa sendiri diwakili oleh salah seorang sterring comite berharap kedepannya akan ada lebih banyak lagi mahasiswa yang berpartisipasi sebagai pendonor dalam kegiatan semacam ini.

Donor darah yang diadakan UKM Carefa merupakan salah satu rangkain kegiatan Care and Share yang sudah memasuki tahun kesepuluh dalam pelaksanannya. Rangkaian kegiatan Care and Share itu sendiri yaitu kegiatan donor darah dan pengumpulan donasi atau sumbangan dari mahasiswa yang dilaksanakan di kampus FH-UH. Puncak dari acara dilaksanakan pada Jumat (9/10), di Dusun Bonto-bonto, Desa Bontoparang, Kec. Tompabulu, Kab. Maros yang merupakan desa binaan UKM Carefa.

Desa Bontoparang terpilih sebagai desa binaan karena lokasi tersebut merupakan jalur pendidikan dasar (Diksar) UKM Carefa, seperti yang diungkap Sterring comite A. Muhammad Ilham P. Kegiatan yang akan dilakukan di desa binaan tersebut lanjut Ilo’ (sapaan akrab Ilham) berupa kegiatan penyuluhan, pemeriksaan kesehatan, pengobatan gratis, penyuluhan ternak dan pertanian, serta pemberian bibit, juga penyerahan donasi dari mahasiswa. “Nantinya, di sana akan ada banyak hiburan, yang akan dilaksanakan, seperti pemutaran film yang bernuansa pendidikan, olahraga takraw, juga lomba menggambar. Kita hanya ingin agar teman-teman lebih akrab lagi dengan masyarakat,” ungkapnya. Melalui kegiatan Care and Share diharapkan dapat membawa manfaat dari donasi mahasiswa dan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan di sana. “Semoga kita dapat lebih dekat dengan masyarakat,” kata Ilo’. (AM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*