web analytics
header

Ditemani Warga, Mahasiswa KKN Buka Jalan Menuju Lahan Pertanian

Situasi pembukaan jalan menuju lahan pertanian di Desa Banua, Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang, Senin (19/7)
Situasi pembukaan jalan menuju lahan pertanian di Desa Banua, Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang, Senin (19/7)

Enrekang, Eksepsionline- Setelah beberapa hari berada di posko Kuliah Kerja Nyata (KKN), sejumlah  mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) telah melakukan program kerja nyata di setiap desa yang mereka tempati. Salah satunya yakni mahasiswa bertempat di posko Desa Banua, Kecamatan Bungin, Kabupaten Enrekang yang bersama-sama dengan masyarakat desa setempat membuka jalur menuju pertanian warga, Selasa (19/7).

Kegiatan tersebut dilaksanakan karena akses menuju pertanian warga selalu terkendala masalah jalan yang sulit dijangkau akibat tertutup hutan dan bebatuan. Asyhadi, salah satu mahasiswa Fakultas Pertanian yang sedang KKN di desa tersebut menceritakan jika ia bersama dengan mahasiswa lainnya mencoba membuka jalan baru atas inisiatif dan bantuan warga setempat. Menurutnya hal ini adalah bentuk awal kerja mereka di desa tersebut, “Mahasiswa KKN bekerjasama dengan masyarakat setempat untuk membuka jalur tani agar lebih efektif menjangkau lahan pertanian mereka,” ujarnya.

Pak Allang, salah satu warga yang juga hadir di lokasi tersebut menuturkan dirinya sangat merespon baik bantuan mahasiswa, “Kita sangat senang ada mahasiswa dari Unhas datang ke desa ini. Banyak masyarakat juga ikut membantu pembukaan jalur tani ini,” tuturnya.

Desa Banua memiliki lahan pertanian yang sangat luas dengan hasil biji kopi dan cengkeh sebagai produksi utamanya. Selain itu, banyak alternatif wisata alam seperti air terjun dan permandian sungai di desa tersebut. Rencananya mahasiswa Unhas akan melaksanakan KKN selama kurang lebih dua bulan di Desa Benua dengan program kerja yang akan dilaksanakan demi kemajuan desa.  

(Als)

Related posts: