web analytics
header

Klinik Hukum Unhas Berikan Penyuluhan di Desa Pulau Harapan

Foto bersama Klinik Hukum Pidana usai sosialisasi.

Sinjai, Eksepsi Online – Klinik Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) melaksanakan Field Trip ke Desa Pulau Harapan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kegiatan Field Trip merupakan penyuluhan hukum ke daerah-daerah. Kegiatan yang sama pernah dilakukan pada 2016 di Kabupaten Bantaeng.

Dalam memberikan penyuluhan dan sosialisasi hukum ke masyarakat Desa Pulau Harapan, Klinik Hukum Unhas menyertakan Klinik Hukum Pidana dan Klinik Hukum Lingkungan. Kegiatan ini berkejasama dengan Kejaksaan Tinggi Sulsel, Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi  Perempuan dan Anak (LBH APIK), Yayasan Konservasi Laut (YKL) dan Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD). Sebanyak 35 peserta yang berpartispasi dalam kegiatan ini, terdiri dari dosen, asisten dan mahasiswa.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, Jumat-Sabtu (12-13/5) yaitu penyuluhan hukum dan Focus Group Discusion (FGD). Terdapat dua tema yang berbeda yang diangkat dengan sasaran para pelajar. Klinik Hukum Pidana mengangkat tema “Bersama Generasi Muda Pulau Sembilan Mewujudkan Pariwisata Bebas Narkoba” dengan sasaran seluruh siswa SMP Negeri 1 Pulau Sembilan sedangkan dari Klinik Hukum Lingkungan mengangkat tema “Bersama Mewujudkan Pulau Sembilan sebagai Surga Laut Dunia” dengan sasaran seluruh siswa SMK Negeri 4 Sinjai. Selain penyuluhan dan FGD, juga dilakukan lomba mading untuk pelajar SMP dan  Rangking I untuk kalangan SMK. Kegiatan Field Trip ditutup dengan membersihkan pantai yang melibatkan siswa SMP, SMK dan para peserta Klinik Hukum Unhas.

Ketua Klinik Hukum Unhas, Birkah Latif mengatakan melalui metode experiental learning akan memberikan nuansa pendidikan yang tepat sasaran dan menjembatani akses terhadap keadilan sosial. “Kegiatan ini dapat menyentuh masyarakat secara langsung melalui penyadaran atas isu-isu yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” harapnya.

Untuk peserta Klinik Hukum sendiri, Birkah berpesan agar selalu menjadi bagian dari Indonesia yang antusias, arif, memiliki kemampuan hukum serta dapat bermanfaat bagi semua masyarakat. (Iqbal Latief Buleng/Asisten Klinik Hukum Unhas)

Foto bersama Klinik Hukum Pidana usai sosialisasi.
Foto bersama Klinik Hukum Pidana usai sosialisasi.
Foto bersama Klinik Hukum Lingkungan usai sosialisasi.
Foto bersama Klinik Hukum Lingkungan usai sosialisasi.

Related posts: