Kamis , November 15 2018
Home / LIPUTAN / LP2KI akan Menggelar Kompetisi Penulisan Ilmiah Taraf Nasional

LP2KI akan Menggelar Kompetisi Penulisan Ilmiah Taraf Nasional

Dokumen Istimewa/ Logo Kertas 2017

Dokumen Istimewa/ Logo Kertas 2017

Makassar, Eksepsi Online Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Penalaran dan Penulisan Karya Ilmiah Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (LP2KI FH-UH) akan menggelar kompetisi  bidang penulisan ilmiah taraf nasional pada September 2017, acara tersebut bernamakan “Kompetisi Esai dan Karya Tulis Mahasiswa Nasional (Kertas) 2017”.

Acara yang rutin diadakan sekali dalam dua tahun  tersebut  mengusung tema  “Dekorasi Emas: Dedikasi dan Komitmen Reformasi Aktualisasi Pelayanan Masyarakat.” Tema tersebut menitikberatkan pada pelayanan masyarakat dengan tujuan agar peserta yang mengikuti Kertas tidak hanya mahasiswa jurusan hukum, tapi diperuntukkan bagi mahasiswa secara umum.

Ditemui pada Sabtu (17/6), Muhammad Ari selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa konsep “Dekorasi Emas” diangkat karena melihat realitas yang ada, perlu upaya pembenahan pelayanan masyarakat. Selain itu, konsep tersebut juga sebagai bentuk apresiasi selama 10 tahun berdirinya LP2KI FH-UH. “Dekorasi Emas sebagai wujud cinta terhadap lembaga kami LP2KI FH-UH dalam memasuki satu dekade melahirkan mahasiswa yang mahir mencetuskan gagasannya melalui tulisan ilmiah,” tutur Ari.

Mengenai persiapan Kertas 2017, menurut Ari, panitia telah mempersiapkan dari segi akomodasi, publikasi dan transportasi, sedangkan untuk alur kompetisi sendiri terdiri dari beberapa finalis, technical meeting dan presentasi serta tahapan seleksi, di antaranya: pengumpulan abstrak, penerimaan full paper, dan pengumuman. Puncak kompetisi ditandai dengan proses presentasi dan pengumuman pada 22-24 September 2017 di Unhas.

Terakhir, Ari berharap adanya dukungan dari pihak birokrat dan juga kerja sama dengan instansi luar demi terselenggaranya acara tersebut. “Harapan terbesar kami adalah tidak hanya menarik minat mahasiswa, namun juga instansi pemerintah agar dapat mensponsori kegiatan kami ini sehingga  kedepannya berjalan lebih baik,” tutup mahasiswa angkatan 2015 itu. (Dia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*