web analytics
header

Persiapan P2KBN Mahasiswa Baru FH-UH 2017

IMG_5962
Dokumentasi Istimewa

Makassar, Eksepsi online – Berbeda dengan tahun sebelumnya, proses penerimaaan Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Hasanuddin (Unhas) tahun 2017 berganti rupa. Dahulunya proses ini dikenal dengan nama Penerimaan dan Pembinaan Mahasiswa Baru (P2MB), kini berganti menjadi Penerimaan dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara Mahasiswa Baru (P2KBN-Maba). Bukan tanpa sebab, pengantian tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme pada Maba nantinya.

Untuk menindaklanjuti keputusan tingkat Universitas tersebut, panitia P2KBN-Maba Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (FH-UH) tahun 2017 mengadakan rapat persiapan pelaksanaan untuk menyambut 500 Maba FH-UH tahun ini. Rapat tersebut diadakan di ruangan Dr. Harifin A.Tumpa FH-UH pada Jum’at (21/7).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Prof. Hamzah Halimselaku Wakil Dekan bagian Kemahasiswaan dan Alumni FH-UH. Adapun hasil dari rapat yang dihadiri oleh mayoritas civitas akademika, beberapa perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta presidium sidang kongres Keluarga Mahasiswa (Kema) FH-UH tersebut antara lain, P2KBN-Maba FH-UH tahun 2017 akan mengusung tema “Fakultas Hukum Meraih Bintang”, pelaksanaanya akan berlangsung selama tiga hari yaitu pada tanggal 15, 16, dan 18 Agustus 2017 bertempat di halaman FH-UH.

Selain itu, rapat tersebut juga membahas terkait teknis rangkaian acara P2KBN-Maba FH-UH tahun 2017 nantinya. Menanggapi hal tersebut Nur Khalis Daud selaku ketua UKM Mahasiswa Pencinta Mushollah (MPM) memberikan saran mengenai teknis shalat Jum’at nantinya. “Kami dari UKM MPM menyarankan untuk tetap adanya kajian bagi Maba muslimah pada saat menunggu shalat Jum’at berakhir, seperti tahun tahun sebelumnya” jelas Khalis didalam forum rapat.

Lebih lanjut, menanggapi persiapan P2KBN-Maba FH-UH, Abd. Hakim, S.T selaku Kordinator Seksi Organisasi dan Kegiatan Kemahasiswaan P2KBN-Maba FH-UH tahun ini menyatakan bahwa terdapat sedikit perbedaan pada proses penerimaan Maba pada tahun ini. “Tahun ini tidak ada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), maka kami melibatkan presidium sidang pada kongres Kema dahulu” jelasnya saat diwawancarai seusai rapat berakhir (21/7).

Masih akan ada lagi rapat lanjutan persiapan P2KBN-Maba FH-UH 2017 nantinya. “Saya berharap di rapat selanjutnya peran serta mahasiswa dapat meningkat, demi terciptanya P2KBN-Maba FH-UH yang lebih baik dari tahun sebelumnya dan lebih baik daripada fakultas lainnya” harapnya diakhir wawancara.(Fas)

Related posts: