Selasa , Juni 19 2018
Home / LIPUTAN / Aktifitas / TBM Bandae Sebar Budaya Literasi Melalui Book Traveling

TBM Bandae Sebar Budaya Literasi Melalui Book Traveling

Sumber : Dok.  TBM Bandae (M. Rafie Izas)

Sumber : Dok. TBM Bandae, (M. Rafie Izas)

Bone, Eksepsi Online – Tim Taman Baca Masyarakat (TBM) Bandae adakan kegiatan Book Traveling pada Jumat (05/1) di Desa Raja, Kecamatan Kajuara, Kabupaten Bone. Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarkan budaya literasi pada generasi muda setempat dengan cara yang menyenangkan.

M. Rafie Izas selaku Inisiator dari TBM Bandae menuturkan bahwa, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dalam upaya mempermudah akses generasi muda setempat, yang mayoritas bermukim di daerah pegunungan atau pesisir terhadap buku-buku bacaan. “Adapun agenda dari kegiatan ini nantinya yakni, story telling, kelas menulis dan membaca, kelas inspirasi, focus group discussion, dan bermain bersama,” tambah Rafie saat ditemui di Kecamatan Kajuara (03/1).

Lebih lanjut, Rafie menjelaskan bahwa agenda kelas inspirasi bertujuan untuk berbagi motivasi serta mengembangkan minat membaca dan belajar pada generasi muda setempat, sedangkan focus group discussion diperuntukan sebagai ajang mendengar permasalahan yang mereka alami dan mencoba mencari jalan keluarnya.

Kegiatan Book Traveling ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan Pop-UP Library, kegiatan membuat perpustakaan dadakan, yang sebelumnya telah diadakan juga oleh TBM Bandae. “Kegiatan ini merupakan kegiatan Book Traveling perdana kami. Ide awalnya berasal dari seorang pemuda dari Desa Raja yang meminta TBM Bandae agar datang ke desanya, untuk membawa buku bacaan untuk masyarakat disana,” jelas Rafie.

Terakhir, Rafie berharap dengan adanya kegiatan yang difasilitasi oleh para relawan literasi yang berstatus pelajar dan mahasiswa setempat ini, dapat membawa perubahan dan perkembangan kearah positif bagi desa-desa terpencil melalui budaya literasi “Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan dampak positif terhadap desa Raja, meskipin hanya sedikit,” tutupnya. (Dlp)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*