web analytics
header

Kiat Sukses Berwirausaha Melalui Kepala, Mulut dan Tangan

Kegiatan Road Show Harian Fajar dan Realestet Indonesia (REI) di Gedung Ipteks Unhas, Jumat(16/3). Fas

Kegiatan Road Show Harian Fajar dan Realestet Indonesia (REI) di Gedung Ipteks Unhas, Jumat(16/3). Fas
Kegiatan Road Show Harian Fajar dan Realestet Indonesia (REI) di Gedung Ipteks Unhas, Jumat(16/3). Fas

Makasaar, Eksepsi Online Jumat (16/3), bertempat di Gedung Ipteks Universitas Hasanuddin (Unhas) kegiatan road show Fajar-REI, motivasi berwirausaha oleh tim Real Estate Indonesia (REI) menjelaskan kiat sukses dalam berwirausahan ialah melalui kepala, mulut dan tangan.

Ketua REI Makassar Sadiq dalam kegiatan ini mengungkapkan betapa pentingnya tiga komponen utama yang dapat menentukan kesuksesan seseorang yang bergelut dalam bidang wirausaha sehingga sangat penting untuk membuat ketiganya bekerja bersama-sama.

“Tiga komponen yang paling penting untuk terjun ke dunia wirausaha, kepala, mulut, dan tangan. Bagaimana kepala dapat memikirkan suatu ide, lalu diucapkan melalui mulut dan dapat dikerjakan oleh tangan, tentu dengan membuatnya harus selalu bersinergi,” ungkapnya.

Selanjutnya ia menuturkan bahwa, semua orang berpotensi besar sebagai pengusaha, tidak perduli pada bidang studi apa yang menjadi fokus dan dari latar belakang apa seseorang tersebut, sebab kemampuan berwirausaha akan muncul dari dalam diri kita sendiri.

 “Kemampuan berwirausaha muncul dari diri sendiri, tidak terfokuskan hanya pada darimana kita dan studi apa kita,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sarjana Teknik Elektro Unhas tersebut memberikan wejangan pada para peserta, bahwasannya selain ketiga komponen utama yang telah disebutkan sebelumnya, faktor kepercayaan dan dapat dipercaya oleh orang lain juga sangat vital perannya.

“Kepercayaan sangat sulit kita dapatkan maka dari itu jagalah kepercayaan yang diberikan. Jangan sampai kita dicap sebagai pembohong dan pemberi harapan palsu, kalau seperti itu usah kita akan terhambat,” ujarnya.

Terakhir, Sadiq menyampaikan bahwa setiap kendala, berupa kegagalan akan dilewati dengan baik karena kegagalan akan pasti ada dan tentunya disertai dengan semangat yang besar untuk bangkit jikalau sedang mengalami kegagalan.

“Masalah adalah faktor terpenting dalam berwirausaha, jangan menganggap sebagai hambatan dan merasa gagal tentu pula kita harus memiliki sikap semangat untuk mendorong kita berfikir kreatif,” tutupnya. (Alk)

Related posts: