Minggu , April 22 2018
Home / LIPUTAN / Aktifitas / ALSA LC Unhas Adakan IMCS

ALSA LC Unhas Adakan IMCS

 

Makassar, Eksepsi Online – Asian Law Students Association Local Chapter Universitas Hasanuddin (ALSA LC UNHAS) mengadakan Intensive Moot Court School (IMCS). Kegiatan ini berlangsung setiap hari Sabtu, sejak 21 Maret – 5 Mei 2018, bertempat di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin,

Kegiatan ini adalah lanjutan dari mata kuliah ko-kurikuler, yang tujuannya untuk mengajarkan bagaimana cara membuat berkas dalam beracara, seperti berkas penyelidikan, surat gugatan maupun eksepsi. “Kalau di kokur kita belajar tentang bagaimana caranya bersidang, sedangkan di IMCS kita belajar tentang caranya mebuat berkas”, ujar Salwa Yulianti selaku ketua panitia IMCS saat ditemui, Selasa (27/3).

IMCS terdiri dari dua kelas, yaitu pidana dan perdata. Intan Ali selaku kepala sekolah kelas perdata mengatakan bahwa pemateri pada kegiatan ini terdiri dari mahasiswa dan juga para praktisi yang sudah berpengalaman pada bidangnya masing-masing, terutama dalam hal beracara. “Kepala sekolah menyediakan praktisi dan juga mahasiswa sebagai pemateri untuk dapat memotivasi adik-adik peserta yang notabenenya adalah angkatan 2017”, ujar Intan.

Kemudian, kegiatan IMCS ini terbuka untuk umum, dan dapat diikuti baik itu anggota ALSA, maupun non-ALSA. Senada dengan itu, Syahwal selaku peserta mengatakan bahwa “Materi yang diberikan sangat bagus, meskipun hukum acara adalah mata kuliah semester atas, tetapi saya sudah bisa mengetauhinya lebih awal”.

Terakhir, Salwa menambahkan semoga hasil penyelenggaraan IMCS kali ini bias bermanfaat dan dapat menambah wawasan peserta dalam hal beracara, “Semoga output dari IMCS kali ini, baik itu pidana maupun perdata bisa menjadi pegangan untuk adik-adik peserta dalam hal beracara nantinya”, tutur Salwa. (Mys/Mag)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*