Minggu , Oktober 21 2018
Home / LIPUTAN / Aktifitas / Mahasiswa KKN Tematik Infrastuktur Gowa Unhas, Angkat Isu Kebersihan Lingkungan di Seminar Proker

Mahasiswa KKN Tematik Infrastuktur Gowa Unhas, Angkat Isu Kebersihan Lingkungan di Seminar Proker

Gowa, Eksepsi Online – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang 99 Tematik Infrastuktur Pemukiman Universitas Hasanuddin, Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa menggelar Seminar Program Kerja (Proker) bertempat di Kantor Kelurahan Tombolo, pada Kamis (19/7).

Seminar yang bertujuan untuk memaparkan rencana Proker mahasiswa KKN Kelurahan Tombolo kepada masyarakat  setempat ini, dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat setempat.

“Pada kegiatan ini kami akan memaparkan terlebih dahulu rencana Proker kami sebelum kami turun langsung untuk mengerjakannya. Sehingga, semua pihak akan mengerti terlebih dahulu apa yang akan kami kerjakan nantinya,” jelas Muhammad Fauzan selaku Kordinator Kelurahan (Korlur) saat diwawancarai (19/7).

Adapun Proker yang telah disepakati pada seminar ini berjumlah sembilan Proker, dengan Proker utamanya yakni Identifikasi Masalah dan Analisis Potensi (IMAP), pengadaan bak sampah dari barang bekas serta kerja bakti drainase.

Menanggapi Proker tersebut, Budi Wahyudin R. selaku Lurah Kelurahan Tombolo memberikan tanggapan positif. Budi menyatakan bahwa Proker yang dipaparkan pada seminar sudah baik. “Mengingat latar belakang keilmuan yang berbeda-beda dari mahasiswa KKN kali ini, saya rasa Proker yang dipaparkan tadi sudah baik dan selajan dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Gowa,” jelasnya saat diwawancarai seusai seminar (19/7).

Lebih lanjut, Budi menyatakan bahwa pemaparan proker pada seminar tadi mengundang rasa ingin tahu masyarakat. Sehingga seminar tadi menjadi forum aktif untuk memberikan tanggapan dan masukan oleh peserta seminar. “Tanggapan dan masukan pada seminar tadi juga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk kami di Kelurahan dalam menentukan keputusan,” tambah Budi.

Adapun yang menjadi peserta seminar yakni Sektertaris dan Staf Kantor Kelurahan Tombolo, Kordinator BKM Julukanayya, Kepala Bintara Pembina Desa (Babinsa), Kepala Bina Masyarakat (Binmas), Ketua Rukun Tetangga (RT) Rukun Warga (RW), tokoh perempuan dan pemuda Kelurahan Tombolo.

Terakhir, Fauzan menyatakan bahwa daftar proker tersebut telah sesuai dengan tema KKN kali ini yakni Infrastuktur Pemukiman. “Dengan Proker ini kami bertujuan membantu Pemerintah Daerah terkhusus bagi Kelurahan Tombolo untuk menyelesaikan sedikit permasalahan terkait infrastuktur. Namun, tujuan kami tidak akan terwujud tanpa dukungan dan partisipasi warga dan pemerintah setempat. Maka dari itu kami berharap agar terbentuk kolaborasi yang baik demi terwujudnya semua proker tersebut,” tutup Fauzan.  (Sme)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*