web analytics
header

Harapan KY di Usia 13 Tahun

Suasana sesi foto bersama pada peringatan Milad KY ke-13 di Makassar.

Suasana sesi foto bersama pada peringatan Milad KY ke-13 di Makassar.

Suasana sesi foto bersama pada peringatan Milad KY ke-13 di Makassar, (30/8).

Makassar, Eksepsi Online – Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia pada tahun ini telah berusia 13 tahun. Memperingati hari jadinya, Penghubung KY (PKY) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar peringatan Milad ke-13 bertempat di Monumen Mandala Sulawesi Selatan, pada Kamis (30/8).

Pada peringatan ini, KY mengangkat tema Energi Baru Untuk Kerja Optimal. Tema yang digunakan seragam di 12 PKY di seluruh Indonesia ini, juga merupakan harapan KY untuk ke depannya.

“Tema ini tema sentral dari pusat. Harapannya itu agar di usia yang baru ini, KY mempunyai energi baru untuk lebih mengoptimalkan kinerjanya yang berkaitan dengan pengawasan perilaku hakim di seluruh Indonesia,” jelas Ni Putu Dewi Damayanti selaku perwakilan PKY Sulsel saat diwawancarai (30/8).

Penggunaan tema tersebut juga diikuti oleh sosialisasi slogan “Saya Cinta Peradilan Bersih”. Menurut Aswar Mahis selaku kordinator PKY Sulsel, slogan tersebut sejalan dengan tujuan dan harapan KY selama ini, yakni mewujudkan peradilan bersih. Lebih lanjut, menurutnya permasalahan perilaku hakim selama ini, tidak lepas dari permasalahan para penegak hukum lainnya.

“Sehingga kami mengimbau untuk seluruh penegak hukum dan masyarakat, agar dapat bersama-sama mengawal proses peradilan di Indonesia. Terlebih jika, menemukan adanya dugaan pelanggaran silahkan melapor ke KY agar dapat diproses laporannya,” ujar Aswar Mahis pada sambutan Milad (30/8).  

Kegiatan yang berlangsung di malam hari ini, dihadiri oleh berbagai perwakilan Non-Government Organisation (NGO), aktivis, masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum di Makassar, lembaga pers mahasiswa serta beberapa sanggar seni dan lembaga mahasiswa lainnya. (Ftr)

Related posts: