Selasa , Desember 11 2018
Home / LIPUTAN / Aktifitas / Peduli Literasi Masyarakat Desa, Alsa LC Unhas Bangun Perpustakaan Di Takalar

Peduli Literasi Masyarakat Desa, Alsa LC Unhas Bangun Perpustakaan Di Takalar

Takalar, Eksepsi Online – Asian Law Student Association Local Chapter Universitas Hassanudin (ALSA LC Unhas) membangun perpustakan di Desa Laikang, Kabupaten Takalar. Perpustakaan tersebut resmi dibuka pada acara peresmian yang berlangsung di Desa Laikang, pada Minggu (11/11).

Pembangunan perpustakaan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan ALSA Care & Legal Coaching Clinic (CLCC) 2018. Andi Ichsan Hadi selaku ketua panitia kegiatan menyatakan bahwa, pembangunan perpustakaan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat Desa Laikang, terkhusus anak-anak.

“Sebelumnya kami telah mengetahui bahwa minat baca masyarakat Desa Laikang cukup tinggi. Namun karena belum ada fasilitas penunjang berupa buku dan perpustakaan, maka kami bekerjasama dengan masyarakat dan komunitas setempat sehingga berhasil membangun perpustakaan ini,” jelas Ichsan saat ditemui pda kegiatan peresmian (11/11).  

Adanya perpustakaan yang menyediakan tempat dan berbagai jenis buku yang bermanfaat untuk masyarakat setempat ini, disambut baik oleh Sekertaris Desa (Sekdes) Laikang, Suhardi. Ia juga berharap agar kegiatan peduli literasi ini, tidak berhenti sampai peresmian perpustakaan saja, namun harus selalu ada evaluasi dan tindaklanjutnya. “Saya selaku pemerintah daerah setempat berharap agar kegiatan ini tidak berhenti sampai disini saja, namun harus selalu dievaluasi dan ditindaklanjuti,” harap Suhardi (11/11).

Senada dengan Suhardi, Muh. Rian Maulana selaku Ketua Komunitas Baca Panrannuang (KBP) yang turut bekerjasama dalam pembangunan perpustakaan, juga mengapresiasi dan berharap agar diadakan kegiatan lanjutan demi meningkatkan literasi di Desa Laikang.

“Kami sangat mengapresiasi adanya kegiatan ALSA ini. Terlebih karena kegiatan semacam ini juga sesuai dengan salah satu program yang ada di komunitas kami. Semoga setelah kegiatan ini akan ada kegiatan lanjutan untuk meningkatkan literasi di Kabupaten Takalar, terkhusus di Desa Laikang,” ujar Rian Maulana saat ditemui (11/11).

Terakhir, Ichsan Hadi juga mengatakan bahwa setelah kegiatan peresmian perpustakaan, ALSA akan membuat kegiatan tindaklanjut. “Rencananya dua minggu dari hari ini, kami akan kembali lagi ke desa ini untuk melakukan kegiatan mengajar,” tutupnya diakhir wawancara. (Mhd/Mys)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*