Selasa , Desember 11 2018
Home / LIPUTAN / Aktifitas / Dr. Manahan Sitompul Resmi Membuka Gebyar Konstitusi V

Dr. Manahan Sitompul Resmi Membuka Gebyar Konstitusi V

Makassar, Eksepsi Online – Hakim Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI), Dr. Manahan M.P. Sitompul resmi membuka kegiatan Gebyar Konstitusi V di Ruang Promosi Doktor Zainal Abidin Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (FH-UH), pada Jumat (16/11).

Dalam sambutannya, Dr. Manahan mengungkapkan bahwa, Gebyar Konstitusi merupakan kegiatan yang baik untuk membangun sumber daya manusia, khususnya bagi mahasiswa. “Kegiatan ini bagus untuk membangun sumber daya manusia yang cendekia dan dapat berdemokrasi dengan baik sesuai dengan konstitusi,” ungkapnya dalam sambutan.

Gebyar Konstitusi V merupakan kegiatan MK RI bekerjasama dengan FH-UH dan Lembaga Debat Hukum dan Konstitusi (LeDHaK) Universitas Hasanuddin. Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari mulai Jumat-Minggu (16-18/11), dengan mengangkat tema “Patuh Pada Nomokrasi, Setia Pada Demokrasi, Bersatu di Bawah Konstitusi”.

Menaggapi terkait tema, Dr. Manahan juga mengungkapkan bahwa tema Gebyar Konstitusi kali ini juga sangat bagus. Menurutnya tema ini sesuai untuk menjamin tegaknya konstitusi di negara hukum seperti Indonesia.

Turut hadir pada kegiatan, Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri MK RI, Dekan FH-UH, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FH-UH, Prof. Aminuddin Ilmar dan para delegasi dari enam belas universitas di Indonesia.

Adapun rangkaian kegiatan dalam acara ini yaitu Seminar Nasional, Kompetisi Peradilan Semu Konstitusi Nasional dan Kompetisi Debat Konstitusi Nasional. Gulmudin Heqmahtiar selaku ketua panitia berharap agar acara ini dapat berjalan dengan lancar. “Semoga semua kegiatan berjalan dengan lancar, sukses dan dapat meningkatkan daya kritis insan juris,” harapnya saat ditemui (16/11).

Adapun enam belas universitas yang ikut serta dalam kegiatan Gebyar Konstitusi V ini yakni:

Universitas Halu Oleo
Universitas Islam Negeri Alauddin
Universitas Surabaya
Universitas Indonesia
Universitas Sebelas Maret
Universitas Trunojoyo Madura
Universitas Bosowa
Universitas Bung Hatta
Universitas Mataram
Universitas Lambung Mangkurat
Universitas Samratulangi
Universitas Malang
Universitas Widyagama Mahakam Samarinda
Universitas Gadjah Mada
Universitas Andalas
Universitas Pancasila

(Hkm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*