web analytics
header

LPMH-UH Kembali Angkat Tema Jurnalisme Kreatif Pada DJD-PCA XXIV

IMG_20190209_141055
Suasana materi Fiksi dan Nonfiksi yang dibawakan oleh Wawan Kurniawan pada DJD-PCA LPMH-UH XXIV. Sumber: dokumentasi pribadi.

Makassar, Eksepsi Online – Lembaga Pers Mahasiswa Hukum Universitas Hasanuddin (LPMH-UH) kembali lirik Jurnalisme Kreatif pada Diklat Jurnalistik Dasar Penerimaan Calon Anggota (DJD-PCA) XXIV yang berlangsung di Pelataran Gedung Rektorat Lantai Satu Universitas Hasanuddin, pada Sabtu-Minggu (9-10/02). Jurnalistik, Modal Positif Mahasiswa Kreatif, jadi tema yang diangkat pada DJD-PCA LPMH-UH kali ini.

Yusril Sirman selaku ketua panitia mengatakan bahwa  tujuan dari kegiatan ini yakni untuk memberikan pengetahuan dasar jurnalistik serta  memberikan  pengetahuan terkait jenis produk jurnalistik yang bersifat inovatif yakni, jurnalisme kreatif. “Tahun lalu kami telah angkat tema jurnalisme kreatif, tahun ini kami angkat kembali karena kami  masih sadar bahwa jurnalisme kreatif sangat dibutuhkan saat ini,” jelas Yusril saat ditemui pada hari kedua DJD-PCA (10/2).   

Pada kegiatan ini, LPMH-UH memberikan tujuh materi terkait dunia jurnalistik. Materi tersebut yakni Sejarah Pers Mahasiswa,, Dasar-Dasar Jurnalistik, Fiksi dan Non Fiksi, Manajemen Pers, Teknik Penulisan Berita, Teknik Wawancara, dan Jurnalisme Kreatif.

Yusril juga mengatakan bahwa selain memberikan pengetahuan dasar jurnalistik kegiatan ini juga menjadi pintu masuk untuk bergabung di LPMH-UH. Kata Yusril juga, dirinya berharap agar setelah  peserta telah menerima materi dalam DJD-PCA, para peserta mau untuk meneruskan  minat  dan  bakatnya untuk menulis dalam dunia jurnalistik. “DJD-PCA ini juga sebagai  pintu masuk teman-teman sebelum bergelut di dunia pers khususnya di LMPH-UH. Hal yang paling penting untuk teman-teman peserta jangan berhenti menulis, karena menulis adalah kerja-kerja keabadian,” harapnya.

Salah satu peserta Rahmat Hidayat mengatakan bahwa ia tertarik mengikuti DJD-PCA LPMH-UH kali ini karena ingin mendalami dunia jurnalistik. “Saya tertarik mendalami dunia jurnalistik, apalagi tema yang diangkat bisa menjadikan mahasiswa lebih kritis dan kreatif,” ujar Rahmat saat ditemui di sela kegiatan. (Dlp)

Related posts: