Kamis , Juli 18 2019
Home / LEMA FH-UH / PEMIKIRAN / Ladies in Black

Ladies in Black

bl

Ladies in Black merupakan film bergenre drama komedi yang disutradarai oleh Bruce Beresford. Film keluaran tahun 2018 ini dibintangi oleh Lisa (Angourie Rice), Magda (Julia Ormond), Fay (Rachael Taylor), Stefan (Vincent Perez). Film yang diadaptasi dari novel laris tahun 1993 karya Madeleine St. John ini bercerita mengenai kehidupan sekelompok karyawan departement store di Sydney pada tahun 1959.

Lisa (Angourie Rice) adalah  seorang gadis Australia berumur 16 tahun yang menghabiskan musim panasnya sebagai karyawan sementara di sebuah departement store di Sydney sambil menunggu pengumuman ujian akhir. Ia bercita-cita menjadi seorang penyair atau seorang aktris. Ia berkeinginan melanjutkan sekolahnya ke universitas. Hal ini didukung oleh sang ibu (Susie Porter), namun tidak oleh ayahnya (Shane Jacobson). Ayahnya beranggapan bahwa anaknya akan baik-baik saja tanpa harus melanjutkan kuliah di universitas sama seperti dirinya. Dalam perannya sebagai Lisa pada flim ini, Angourie Rice memenangkan Best Actress Australia Academy of Cinema and Television Arts (AACTA) Award 2018.

Selain menceritakan tentang Lisa, dalam film ini juga menceritakan sosok Magda (Julia Ormond). Magda merupakan orang baru Australia atau yang dikenal dengan sebutan ‘reffo’. Magda yang dulunya tinggal dan hidup di Slovenia, memiliki banyak cerita lama sebagai seorang pengungsi yang akhirnya tiba di Australia. Di departement store tempat Lisa bekerja, Magda merupakan salah satu manager yang bertanggungjawab dengan baju-baju eksklusif. Ia dan suaminya Stefan (Vincent Perez) menyukai sosok Lisa yang cerdas dan ramah. Mereka sering kali memperkenalkan budaya Eropa kepada Lisa. Melalui Magda juga, Lisa melihat dunia yang lebih luas dan mengenal banyak orang-orang baru.

Dalam film ini juga mengisahkan tentang kisah romantis salah satu pegawai tetap departement store tempat Lisa bekerja, Fay (Rachael Taylor). Fay jatuh cinta dengan Rudi (Ryan Corr) salah satu ‘reffo’ yang dikenalkan oleh Magda. Fay akhirnya menjalin hubungan istimewa dengan Rudi. Hubungan itu membuat Fay menjadi gadis Australia yang berani membuka diri kepada orang Eropa di Australia.

Dikisahkan pula dalam film ini seorang Patty Williams (Alison McGirr) yang berusaha dalam menyukseskan hubungan pernikahan dengan suaminya yang sangat pendiam. Patty merupakan rekan kerja Fay sebagai pegawai tetap di departement store tempat Lisa bekerja. Secara garis besar film ini mengambarkan kehidupan para wanita Australia pada tahun 50-an yang berpikiran tertutup terhadap orang-orang Eropa serta feminisme yang masih berkembang. Film Ladies in Black ini tidak memiliki konflik yang rumit. Penggambaran konflik dalam film ini sederhana dan mudah dipahami oleh penontonnya.

Dalam Australia Academy of Cinema and Television Arts (AACTA) Awards 2018 film ini masuk dalam beberapa kategori nominasi diantaranya Best Film, Best Direction, Best Adapted Screenplay, Best Supporting Actress, Best Cinematography, dan Best Editing. Flim ini berhasil memenangkan awards dalam kategori Best Actress, Best Original Music Sore, dan Best Costume Design. (Snl)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*