Kamis , Juli 18 2019
Home / LIPUTAN / Prihatin Perkembangan Angkutan Massal, Kemenhub Berikan Unhas Dua Bus

Prihatin Perkembangan Angkutan Massal, Kemenhub Berikan Unhas Dua Bus

Makassar, Eksepsi Online – Senin (1/4), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berikan dua unit bus yang diberikan kepada kepada Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas). Pemberian kedua bus tersebut merupakan bentuk keprihatinan Kemenhub terhadap perkembangan angkutan massal saat ini.

Renhard Ronald selaku Kepala Subdit Audit dan Inspeksi Keselamatan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, menjelaskan bahwa pemberian bus ini merupakan bentuk keprihatinan Kemenhub terhadap perkembangan jumlah angkutan massal. Renhard juga mengatakan bahwa, Unhas menjadi sasaran pemberian dikarenakan mahasiswa merupakan salah satu subjek yang kerap kali memilih untuk mengunakan kendaraan pribadi dibanding kendaraan massal.

“Pemberian ini dikarenakan keprihatinan atas perkembangan angkutan massal yang agak lambat dibandingkan angkutan pribadi. Terlebih, mahasiswa dan pelajar juga rentan menggunakan angkutan pribadi. Kami juga prihatin menyaksikan kampus yang dipenuhi dengan lahan parkir kendaraan pribadi. Maka dari itu Kemenhub membantu dengan memberikan angkutan massal,” jelas Ronald saat ditemui di Rektor Lounge Unhas usai kegiatan penyerahan bus secara simbolis.

Nantinya dengan digunakannya bus ini, diharapkan dapat mengurai penggunaan kendaraan pribadi dan membangun minat mahasiswa untuk menggunakan angkutan massal. “Dengan adanya bantuan ini diharapakan dapat mengurangi penggunaan sepeda motor serta dapat membangun sistem angkutan umum di Makassar yang efektif, efisien serta dapat menjaga keselematan,” harap Ronald.

Aryangga Pratama selaku Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKM Unhas menyambut baik pemberian bus ini. Aryangga mengatakan pengunaan bus ini baiknya diperuntukan untuk kegiatan kemahasiswaan. “Baiknya ini digunakan untuk kegiatan kemahasiswaan, sebab salah satu hambatan kami dalam menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan adalah mobilisasi peserta dalam hal ini transportasi. Sehingga kami bersyukur dengan adanya bantuan ini. Semoga hambatan itu tidak ada lagi,” pungkasnya saat ditemui. Sebelumnya Kemenhub juga telah pernah memberikan satu unit bus kepada Fakultas Teknik (FT) Unhas. (Fit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*