Selasa , Mei 21 2019
Home / LIPUTAN / Penutupan Lebih Awal Sekretariat Lema Pada Ramadan Dikeluhkan Mahasiswa

Penutupan Lebih Awal Sekretariat Lema Pada Ramadan Dikeluhkan Mahasiswa

Makassar, Eksepsi Online – Memasuki bulan Ramadan sekretariat Lembaga kemahasiswaan (Lema) Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (FH-UH) tutup lebih awal, yakni pada 16:30 WITA. Sebelumnya, sekretariat Lema ditutup pada pukul 19:00 WITA. Penutupan lebih awal ini dikeluhkan mahasiswa.

Sekretaris Jendral Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Annisa Widya, mengeluhkan hal ini. Menurut Annisa, penutupan lebih awal sekretariat seperti membatasi waktu mahasiswa untuk melakukan kegiatan kemahasiswaan di bulan Ramadan, terlebih pada bagian administrasi organisasi yang seharusnya dilakukan di sekretariat.

“Menurutku ini membatasi, terlebih saat ini Kema sedang mengadakan Kongres yang membutuhkan banyak perlengkapan penunjang yang harus disiapkan Lema. Penutupan lebih awal ini juga diterapkan bagi ruangan di fakultas, jadi peminjaman ruangan juga dibatasi,” ujar Annisa saat ditemui.

Setali tiga uang dengan Annisa, Kevin Tappangan selaku Wakil Sekretaris Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) juga mengeluhkan hal ini. Penutupan lebih awal, kata Kevin, merupakan kesulitan tambahan dari adanya pelarangan aktivitas malam. Sebab menurutnya, sebelum bulan Ramadan saja sekretariat hanya dapat terbuka sampai maghrib, dengan adanya penutupan lebih awal ini membuat Lema harus berkegiatan lebih singkat lagi.  

“Sebelumnya karena ada larangan beraktivitas malam, sekretariat hanya bisa digunakan sampai sekitar pukul 18.00 WITA. Sekarang malah ditutup lebih awal lagi.  Ini menyulitkan Lema dalam beraktivitas. Apalagi saat ini aktivitas kelembagaan kemahasiswaan semakin padat menjelang akhir kepengurusan,” kata Kevin.

Lebih lagi, Rizka Ananda Hanafi selaku Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Penalaran dan Penulisan Karya Ilmiah (LP2KI) mengatakan penutupan lebih awal ini juga berdampak langsung terhadap kegiatan yang sedang dipersiapkan lembaganya. “LP2KI sedang mempersiapkan suatu kegiatan yang harus diselesaikan secepatnya, dengan tertutupnya sekret lebih awal berdampak pada upaya persiapan kami,” kata Rizka.  

Terkait penutupan lebih awal sekretariat Lema, Yusran selaku pegawai FH-UH mengatakan dipercepatnya jam tutup sekretariat berkaitan dengan adanya perubahan jam kerja pada bulan Ramadan. Perubahan tersebut, kata Yusran, berdampak kepada waktu berakhirnya aktivitas di fakultas. “Karena pada bulan Ramadan ada perubahan jam kerja, sehingga ada perintah dari atasan untuk menutup lebih awal,” pungkas Yusran saat ditemui saat menutup pintu sekretariat Lema. (Fit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*