Selasa , Mei 21 2019
Home / LIPUTAN / Serikat Mahasiswa Unhas Tuntut Rektor Mengundurkan Diri

Serikat Mahasiswa Unhas Tuntut Rektor Mengundurkan Diri

Makassar, Eksepsi Online – Serikat mahasiswa Universitas Hasanuddin (Sema UN) menuntut Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Tuntutan tersebut dilayangkan kepada Prof. Dwia dikarenakan Rektor Unhas tersebut dianggap tidak lagi dapat dipercaya sebagai pimpinan tertinggi di Unhas.

Dalam konferensi persnya, Sema UN menjelaskan ketidakpercayaan tersebut merupakan buntut dari tidak ditandatanganinya pakta integritas yang berisi tuntutan mahasiswa dan kesediaan Rektor Unhas untuk menyelesaikan tuntutan tersebut. Pakta integritas telah diberikan kepada Prof. Dwia pada  aksi peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis (2/5) lalu.

“Kami menilai Prof. Dwia tidak menjalankan controling yang baik kepada bawahannya, sehingga mengakibatkan hadirnya permasalahan tersebut. Dalam dua periode jabatannya tidak ada upaya untuk menyelesaikan beberapa kasus tersebut, sehingga SEMA UN mengambil kesimpulan untuk menurunkan rektor,” jelas Humas Sema UN Abdurrahman Abdullah saat diwawancarai Senin (13/5).

Adapun tuntutan dalam pakta intergritas terdiri dari enam permasalahan pokok. Permasalahan tersebut dapat dilihat pada http://eksepsionline.com/2019/05/03/peringati-hardiknas-mahasiswa-unhas-tuntut-rektor-selesaikan-enam-masalah-pokok/. Pasca aksi Hardiknas, tuntutan tersebut bertambah satu poin yakni tuntutan untuk memecat satuan pengamanan (Satpam) Unhas yang melakukan tindakan represif kepada mahasiswa. 

Terkait tuntutan pengunduran diri rektor,  Sema UN juga mengatakan akan melakuan aksi besar-besaran jika Prof. Dwia tidak mengindahkan tuntutan tersebut. Sema UN sendiri terdiri dari SEMA FEB-UH, BEM KEMA  FAPERTA- UH, BE KEMAHUT SI-UH, BEM FH­-UH, BEM FKM-UH, BEM FISIP-UH, BEM FMIPA-UH, BEM KMFIB-UH, BEM KEMAFAR-UH, KEMA JIK FIKP-UH, HIMAHI FISIP-UH, LAW-UH, dan LPM Media Ekonomi FEB-UH. (Sme)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*