web analytics
header

Diskusi dan Lapak Buku Sebagai Respon Kemiskinan Hidup Pelajar

WhatsApp Image 2019-09-20 at 14.22.18
Dokumentasi Eksepsi

Makassar, Eksepsi Online – Kamis, (19/9) Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) yang tergabung dalam  UKM Menulis, RESIS, Lapak Kamisan, Sisyphus Muda, Ibook Kita, Insersium, Dialektika, dan beberapa organisasi lainnya menggelar Lapak Baca dan Diskusi yang bertempat di Taman Sospol Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politi Unhas (FISIP UH).

Kegiatan lapak buku dan diskusi kali ini diinisiasi sebagai bentuk dari keresahan bersama akan kemiskinan hidup seorang pelajar.

Saat diwawancarai, Rachmat salah satu perwakilan dari UKM menulis menjelaskan bahwa kegiatan ini hanya sebagai pendorong untuk merespon mahasiswa, jika kemudian berhasil akan ada potensi untuk dilaksanakan secara rutin.

“Kegiatan pertama ini untuk mengetes respon mahasiswa. Misal kegiatan ini berhasil mungkin akan kita adakan rutin,” Jelas Rachmat

Selanjutnya Rachmat menjelaskan bahwa output dari diadakannya diskusi nantinya akan melahirkan Zine yang kemudian akan dicetak dan dibukukan. Zine sendiri merupakan singkatan dari fanzine atau magazine yakni sebuah media cetak alternatif yang biasanya diterbitkan secara personal atau kelompok kecil dan direproduksi dengan cara fotokopi.

“Dari pembahasan kemarin, diskusi ini nanti akan ada outputnya, ada produk yang lahir, Zine yakni dari tulisan dari mahasiswa yang nantinya untuk dicetak dan dibukukan.” Jelasnya.

Kegiatan lapakan dari 11 organisasi dimulai sejak pukul 13:00 WITA dan dilanjutkan diskusi di pukul 16:30 WITA. Adapun dalam diskusi kali ini, perwakilan dari tiap-tiap organisasi yang ikut serta saling bergantian menyuarakan keresahan mereka terkait kemiskinan hidup pelajar saat ini. (Hsb)

Related posts: