web analytics
Minggu , Juli 12 2020
Home / LIPUTAN / Aktifitas / Rangkaian Acara Perahu, Ledhak Adakan Lomba Debat dan Poster Online

Rangkaian Acara Perahu, Ledhak Adakan Lomba Debat dan Poster Online

Screenshot_2020-06-20-13-34-10-21

Makassar, Eksepsi Online – Memperingati hari ulang tahun yang ke tujuh Lembaga Debat Hukum dan Konstitusi (Ledhak) Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (FH UH) melalui rangkaian agenda Perahu (Perayaan Hari Ulang Tahun) Ledhak FH UH yang ke VII mengadakan kompetisi debat tingkat nasional dan lomba poster yang terbuka untuk umum.

Terhitung sampai Jum’at (19/6) kemarin, sudah terdaftar 25 Tim untuk lomba debat nasional dan 12 orang lagi untuk lomba poster. Adapun universitas yang telah terdaftar sebagai berikut:

  1. Universitas Hasanuddin
  2. Universitas Indonesia
  3. Universitas Negeri Yogyakarta
  4. Universitas Padjadjaran
  5. Universitas Telkom
  6. Institut Pertanian Bogor
  7. UPN Veteran Jakarta
  8. Universitas Brawijaya
  9. Universitas Gajah Mada
  10. Universitas Haluoleo
  11. UIN Sunan Kalijaga
  12. Universitas Sebelas Maret Surakarta
  13. Universitas Islam Indonesia
  14. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  15. Universitas Mulawarman.

Kompetisi yang diselenggarakan Ledhak ini sedikit berbeda dengan menyesuaikan kondisi penyebaran Covid-19 yang masih tinggi. Ledhak mendesain lomba debat secara online dengan mekanisme penguploadan video di chanel Youtube Ledhak FH UH. Dalam satu tim terdiri dari tiga orang yang masing-masing sebagai pihak pro, pihak kontra, dan satu orang konklusi. Andri, sebagai panitia Perahu VII menjelaskan mengapa mekanisme dilakukan dengan penguploadan video bukan dengan menggunakan video conference.

“Panitia sengaja untuk tidak mempertemukan langsung tim-tim untuk berdebat menggunakan aplikasi ataupun media online, karena efektivitasnya itu sangat tergantung jaringan, jadi sangat merugikan kalau ditengah perlombaan tiba-tiba jaringannya terganggu,” jelasnya.

Andri juga mengungkapkan kendala yang dihadapi calon peserta dalam mempersiapan kompetisi online tersebut “Kalau kendala sebenarnya masih banyak dari peserta yang mendaftar namun tidak melengkapi persyaratan administrasi, dan munkin karena mekanisme yang ditawarkan adalah mekanisme yang baru, jadi masih ada beberapa peserta yang kurang memahami mekanismenya.”

Sampai hari ini (20/6) sudah memasuki H-2 menuju penutupan pendaftaran kompetisi debat yang akan berakhir pada tanggal 22 Juni sedangkan untuk lomba poster pendaftaran akan ditutup pada tanggal 25 Juni. (Hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*