web analytics
Rabu , Agustus 5 2020
Home / LIPUTAN / Aktifitas / Terdampak Pandemi, Adagium Rencanakan Inaugurasi Daring 

Terdampak Pandemi, Adagium Rencanakan Inaugurasi Daring 

IMG-20200718-WA0010

Makassar, Eksepsi Online – Ada yang berbeda dengan pelaksanaan pengukuhan mahasiswa atau yang lebih dikenal dengan Inaugurasi Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (FH-UH) tahun 2020. Pasalanya, Inaugurasi yang diselenggarakan bagi dan oleh Mahasiswa/i Angkatan 2019 FH-UH yang tergabung dalam Angkatan Dialektis Analitis dan Penggerak Intelektualitas Mahasiswa (Adagium) akan dilaksanakan dalam jaringan (daring) / online.

Inaugurasi yang mulanya direncanakan berlangsung Maret lalu ini sempat mengalami beberapa kali pemunduran jadwal hingga akhirnya diputuskan untuk  dilaksanakan daring. Keputusan pelaksanaan inaugurasi daring merupakan dampak dari penyebaran pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) yang masih terjadi hingga hari ini. 

Saat diwawancara via Whatsapp, Ketua Inaugurasi, Muhammad Jihad Ibrahim menjelaskan bahwa sistem inaugurasi daring tidak akan jauh berbeda dengan inaugurasi biasanya. “Kalau masalah sistemnya, inauguras online itu hampir sama dengan yang mau kita buat seperti diatas panggung. Bedanya kita buat live streaming di Youtube,” jelasnya. 


Jihad juga menuturkan bahwa pada inaugurasi daring, agenda dan item acara yang akan ditampilkan tetap sama seperti inaugurasi biasanya, hanya saja kuantitasnya lebih sedikit. “Yang nanti kita tampilkan itu seperti (penampilan) band, kemudian paduan suara. Sambutan-sambutan dan sesi pengukuhan dari Ketua BEM dan Wakil Dekan 3 juga tetap ada. Nda terlalu banyak item (acara) karena SDM banyak yang di luar kota, jadi susah untuk kembali buat pengumpulan,” tuturnya.

Diakui Jihad, dalam perencanaan inaugurasi daring, izin dari orang tua anggota para anggota panitia menjadi kendala bagi berlangsungnya aktivitas kepanitian inaugurasi. Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat Adagium untuk dikukuhkan dalam Inaugrasi 2020. 

Pelaksanaan Inaugurasi daring telah memperoleh izin dan dukungan dari pihak fakultas. Sejauh ini, menurut Jihan, persiapan pelaksanaan inaugurasi daring telah 80% rampung. Inaugurasi Adagium dijadwalkan akan dilaksanakan pada 20 Juli 2020 mendatang. Acara akan dimulai pukul 20.00 WITA dan dapat disaksikan live melalui kanal Youtube “Fakultas Hukum Unhas”.  (bch)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*