web analytics
header

Seminar Online ALSA Bahas Pelaksanaan Anggaran Negara di Masa Pandemi

IMG_20200904_135514

Asian Law Students’ Association Legal Chapter Universitas Hasanuddin (ALSA LC UNHAS) baru saja menyelenggarakan kegiatan ALSA Online Legal Seminar Volume Dua atau biasa kami sebut AOLS #2 yang bertemakan “Menelisik Kebijakan Pemerintah dalam Pelaksanaan Anggaran Negara di Masa Pandemi Berdasarkan UU Nomor 2 Tahun 2020” yang dilaksanakan pada Kamis (03/8) melalui media Zoom.

AOLS sendiri merupakan kegiatan seminar online yang diadakan oleh ALSA LC UNHAS itu sendiri, karena ALSA bergerak di bidang hukum maka kegiatan AOLS berfokus pada pembahasan isu-isu hukum yang sedang berkembang di masyarakat. AOLS ini terbuka untuk umum, baik dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat umum.

Melalui wawancara bersama Adhdhohir Agustana Putra selaku project officer, ALSA LC UNHAS sendiri mengangkat tema tersebut mengingat kebijakan yg telah diambil oleh pemerintah dengan mengeluarkan Perppu Nomor 1 Tahun 2020 yang telah disahkan oleh DPR RI menjadi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid- 19) dan/atau Dalam Rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan. Dari bentuk kebijakan ini, pemerintah diharapkan dapat menanggulangi permasalahan yang ada selama masa pandemi ini. Banyak hal yang diatur dalam Undang-Undang ini seperti penanganan di bidang kesehatan, ekonomi, dll. Akan tetapi, semenjak berlakunya Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020 ini permasalahan di masa pandemi masih saja terus terjadi membuat munculnya polemik di tengah masyarakat. 

Adapun pemateri atau narasumber yang kami undang yaitu, Bapak Agus Kuswantoro, S.E., M.B.A. (Kasubdit HPP K/L I, Dit HPP, Ditjen Anggaran Kemenkeu RI), Ibu Esther Sri Astuti, Ph.d (Direktur Program INDEF), 3. Bapak Prof. Dr. Achmad Ruslan, S.H, M.H. (Guru Besar Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin). AOLS #2 kali ini direcord untuk kemudian diupload dalam akun Youtube ALSA LC UNHAS.

Dohir berharap melalui AOLS #2 ini akan bisa memberi banyak manfaat terutama ilmu pengetahuan bagi masyarakat dan dapat menemukan solusi bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan dalam menangani permasalahan yang timbul akibat penyebaran covid-19, terutama dalam hal keuangan negara. (ijd).

Related posts: