web analytics
Sabtu , Januari 23 2021
Home / LIPUTAN / Aktifitas / PMH II : Aktualisasi Mahasiswa Hukum yang Kritis Serta Mewujudkan Insan Akademis yang Berintegritas dan Bermoral

PMH II : Aktualisasi Mahasiswa Hukum yang Kritis Serta Mewujudkan Insan Akademis yang Berintegritas dan Bermoral

Makassar, Eksepsi Online – (30/11) Pembinaan Mahasiswa Hukum II (PMH II) Fakultas Hukum Unversitas Hasanuddin (FH-UH) telah berlangsung selama dua hari kemarin yaitu pada tanggal 28-29 November 2020 secara virtual seperti pada PMH I sebelumnya. Tema yang diusung oleh panitia pada PMH II yaitu ‘Aktualisasi Mahasiswa Hukum yang Kritis Serta Mewujudkan Insan Akademis yang Berintegritas dan Bermoral’ dengan fokus pada pembinaan dalam hal keilmuan maupun pembinaan terhadap mahasiswa baru.

Pada hal keilmuan sendiri terdapat beberapa pembekalan materi seperti analisis wacana kritis, landasan kerangka berpikir hukum dan lain sebagainya. “Betul-betul saya rasakan materi yang diberikan merupakan hal-hal yang bersifat umum dan bermanfaat bagi mahasiswa hukum.” Jelas Abdul Muhaimin Al-Qadri, mahasiswa baru yang mengikuti PMH II.

Sementara itu panitia berharap mahasiswa baru yang menjalani masa transisi dari jenjang sekolah ke jenjang perkuliahan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru melalui pembinaan terhadap mahasiswa baru, “Kita ingin mahasiswa baru bukan hanya cemerlang dalam hal keilmuan namun juga diharapkan dapat pandai dalam berperilaku karena sesungguhnya manusia yang memiliki keilmuan tinggi namun tidak dibarengi dengan etika yang mumpuni merupakan suatu kesiasiaan.” kata Muhammad Athallariq Gio Mulyadi atau yang kerap disapa Gio selaku Koordinator Lapangan PMH II.

Tidak dapat dipungkiri bahwa ada kendala yang didapati oleh panitia mengingat kondisi saat ini yang menjadikan PMH II tidak dapat diselenggarakan dengan tatap muka secara langsung salah satu diantaranya ialah perbedaan jam para peserta di luar daerah yang tidak sama ketika memasuki waktu sholat yang ditaktisi dengan selalu mematangkan jadwal agar tidak mengganggu waktu mahasiswa baru untuk istirahat maupun mengerjakan tugas.

Diakhir Gio juga berharap untuk panitia PMH tahap selanjutnya memberikan lebih banyak substansi yang mengarah pada situasi keakraban sehingga mahasiwa baru mendapati esensi keakraban yang ingin dituju panitia PMH III, “Yang terakhir mungkin semangat untuk panitia PMH III semoga dapat memberi kesan yang baik dalam tahap pengakraban.” Tutup Gio. (csb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*