web analytics
Sabtu , Januari 23 2021
Home / LIPUTAN / Raih Empat Medali Emas, Unhas Menjadi Peringkat 5 Nasional Pimnas

Raih Empat Medali Emas, Unhas Menjadi Peringkat 5 Nasional Pimnas

d55811c0-8b0b-4276-a2ae-db7217a93c4a

Makassar, Eksepsi Online – (1/12) Terselenggaranya Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) memang menjadi ajang perlombaan besar antar Universitas yang tidak dilewatkan begitu saja, termasuk bagi Universitas Hasanuddin (Unhas). Pada pagelaran Pimnas kali ini Unhas berhasil memperoleh 10 medali dari total 27 tim yang lolos ke Pimnas. Dengan itu Unhas  masuk 5 besar pada Pimnas 33 tahun ini.

Proses yang sudah dimulai dari penyusunan proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), pendanaan , presentasi hingga pada Pimnas sebagai puncaknya  memang memakan waku lebih dari setahun dan Covid-19 menjadi salah satu penyebab utamanya hingga pada dilakukan perombakan adendum. 

Dengan rambu-rambu adendum yang telah diatur sebelumnya, pelaksanaan ajang besar ini ditransformasikan menjadi daring mengingat masa pandemi saat ini. Berbeda dari tahun sebelumnya yang mana setelah pengumuman pendanaan akan dijalankan program sesuai dengan proposal yang diajukan , namun untuk tahun ini hanya sebatas pembuatan konsep yang akan dievaluasi dalam Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) sebelum melangkah ke Pimnas. Satu hal yang menjadi pembeda juga adalah dengan pembuatan poster maupun video pengabdian.

Pengumuman pemenang yang dilaksanakan pada sabtu(28/11) pada pukul 18.30 WIB tersebut diselenggarakan via Zoom  Meeting terbatas pada perwakilan kelompok, namun  juga ditayangkan melalui YouTube Universitas Gadjah Mada (UGM) yang sekaligus menjadi tuan rumah ditahun ini. Meski tetap dilakukan secara Daring, Malam pengumuman dan penutupan diakui tetap menegangkan hingga akhirnya memberikan hasil yang cukup memuaskan.

“Dari awal suasana (malam pengumuman dan penutupan) sudah agak menegangkan, semua cemas, terlebih bagi yang timnya belum disebut, sedih campur cemas. Sampai saat pengumuman tim kami mendapat medali emas dalam kategori presentasi tentunya bahagia dan bangga atas kerja sama tim dengan hasil yang luar biasa ini” ujar Putri Rofifah Nabilah, salah satu anggota PKM-M (PKM Pengabdian kepada masyarakat) yang mendapat medali emas.

Dengan peraihannya tahun ini, menjadi bahan acuan bagi Unhas untuk kedepannya menjadi lebih baik sebab hasil dari Perlombaan yang dinaungi Kemendikbud ini akan berpengaruh pada pemeringkatan Universitas. (hyn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*