web analytics
Kamis , Juli 7 2022
Home / LEMA FH-UH / HMD / Kilas Balik Perjalanan ILSA Unhas, Berbagai Cerita Menarik Dihadirkan Melalui ILSA Anniversary 14th X Alumni Day

Kilas Balik Perjalanan ILSA Unhas, Berbagai Cerita Menarik Dihadirkan Melalui ILSA Anniversary 14th X Alumni Day

 

Sumber: Dokumentasi Eksepsi

Sumber: Dokumentasi Eksepsi

 

Makassar, Eksepsi Online – (15/6) International Law Student Association Universitas Hasanuddin (ILSA Unhas) sukses melaksanakan acara peringatan hari ulang tahun yang ke-14  yang dikemas dalam ILSA Anniversary 14th X Alumni Day dengan mengangkat tema adventure of lifetime pada Selasa (14/6) lalu.

Presiden ILSA Unhas, Tondi Edward Samuel Damanik dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan tema yang diangkat, diharapkan seluruh pengurus ILSA dapat menjadikan ILSA sebagai wadah untuk mengukir catatan dan menjadi legenda hidup untuk ILSA dan persona dari pengurus itu sendiri.

“Sesuai dengan tema yang diangkat yaitu adventure of lifetime teman-teman pengurus ILSA malam ini dapat saling berbagi cerita dan menjadikan ILSA sebagai wadah untuk mengukir catatan hidup, karena kita semua adalah legenda untuk hidup kita masing-masing” jelas Tondi

Masih dalam sesi sambutan, Dr. Kadaruddin, S.H., M.H., yang hadir mewakili Dosen Hukum Internasional, juga menyampaikan apresiasinya kepada pengurus dan panita pelaksana kegiatan yang telah berjuang untuk menjaga eksistensi ILSA sebagai lembaga.

Pada perayaan hari ulang tahun ini, ILSA Unhas menghadirkan beberapa alumni pengurus ILSA Unhas pada periode-periode sebelumnya. Salah satu rangkaian kegiatan yang turut dilaksanakan pada acara ini adalah sesi berbagi cerita bersama alumni. Dr. Kadaruddin, S.H., M.H., turut berbagi cerita mengenai awal mula terbentuknya salah satu Himpunan Mahasiswa Departemen ini (HMD).

“Gagasan ILSA dimulai sejak Prof. Dr. Juajir Sumardi, S.H., M.H., saat itu masih menjadi mahasiswa, mengambil Departemen Hukum Internasional sebagai fokus studinya. Saat itu, Prof. Juajir mengajak beberapa mahasiswa lain yang juga memiliki fokus studi Hukum Internasional untuk berkumpul dan membuat suatu kelompok kajian yang membantu penyusunan tugas akhir mereka. Akhirnya melalui kelompok tersebut, ILSA Unhas sampai saat ini terbentuk dan terjaga eksistensinya” terang Dr. Kadar.

Beberapa prestasi juga diukir Dr. Kadar selama menjadi seorang kader ILSA. Salah satunya saat melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) beliau bersama seluruh Mahasiswa Unhas yang juga melakukan KKN di sana mendapatkan nilai KKN tertinggi melampaui kampus-kampus besar lain yang juga melaksanakan KKN di sana.

Selain membahas beberapa prestasi yang telah diukir alumni ILSA, pada sesi berbagi cerita juga turut disampaikan permasalahan yang dihadapi Alumni selama menjadi pengurus ILSA. Muhammad Viqransyah selaku Presiden ILSA pada periode sebelumnya juga turut menyampaikan bahwa selama masa kepengurusannya, masalah besar yang membuat hampir seluruh rencana awal mengenai program kerja berjalan tidak sesuai harapan adalah Pandemi.

“Karena pandemi banyak rencana program kerja ILSA buyar dan saya yakin juga terjadi pada beberapa lembaga lain. Bahkan salah satu proker yang menjadi nilai jual ILSA sebagai lembaga dengan lingkup internasional yaitu magang di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia juga tidak dapat dilaksanakan”. Ungkap beliau

Menutup liputan tim eksepsi pada kegiatan ILSA Anniversary 14TH X Alumni Day, Tondi menyampaikan bahwa terkait masalah pemagangan yang terhambat akibat adanya pandemi, pada periode kepengurusannya, magang rencananya akan dilaksanakan. Namun, keputusan akhir akan disampaikan setelah adanya kepastian dari negara tujuan, apakah akan menerima peserta pemagangan atau tidak. (aim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*