web analytics
Minggu , Agustus 14 2022
Home / LIPUTAN / Unhas Terima 4.241 Camaba Melalui Jalur SBMPTN 2022

Unhas Terima 4.241 Camaba Melalui Jalur SBMPTN 2022

IMG-20220624-WA0013

Sumber: Instagram Unhas

 

Makassar, Eksepsi Online – (24/6) Universitas Hasanuddin (Unhas) menerima 4.241 calon mahasiswa baru (camaba) yang dinyatakan lulus secara resmi oleh Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 pada Kamis (23/6) pukul 16.00 WITA.

Pada tahun ini, daya tampung yang disediakan oleh Unhas melalui jalur SBMPTN ini sebanyak 4.185 yang tersebar pada 75 program studi (Prodi) yang terbagi 53 prodi saintek dan 22 prodi soshum. Diketahui jumlah pendaftar melalui jalur SBMPTN di Unhas mencapai 42.580 camaba. Sehingga hal tersebut meningkatkan keketatan pada jalur SBMPTN 2022 di Unhas yang mencapai 9,96%.

Prof. Dr. Ir. Muhammad Restu selaku Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas mengatakan bahwa Unhas tetap menjadi salah satu kampus yang diidamkan oleh para calon mahasiswa yang tersebar diseluruh Indonesia. 

Setiap tahunnya jumlah pendaftar di Unhas mengalami peningkatan dengan prodi Kedokteran menjadi prodi tertinggi yang banyak diminati. Kemudian dari keketatan dalam bersaing, terlihat bahwa pada kelompok saintek, yakni dari prodi Teknik Informatika menjadi yang tertinggi di Unhas, lalu disusul oleh prodi Manajemen pada kelompok soshum.

“Setiap tahunnya Unhas berpeluang meluluskan para calon mahasiswa baru pada program studi di pilihan pertama. Setiap program studi telah memenuhi jumlah pemenuhan kuota atau daya tampung yang ditetapkan. Kita harapkan para calon mahasiswa yang lulus dapat segera melakukan proses pendaftaran ulang dengan memenuhi kelengkapan dokumen yang diperlukan,” jelas Prof. Restu.

Selanjutnya, bagi peserta SBMPTN 2022 yang belum dinyatakan lulus di Unhas, dapat mengikuti jalur Mandiri yang disediakan oleh pihak Unhas. Jalur Mandiri ini terdiri dari Jalur Non Subsidi, Jalur Prestasi Olahraga Seni dan Keilmuan, Jalur Vokasi D4 (Sarjana Terapan), dan Kelas Internasional. Penerimaan pada jalur Mandiri ini akan dibuka pada tanggal 24 Juni 2022.

Lebih lanjut informasi Jalur Mandiri dapat pula diakses pada portal yang sama di http://regpmb.unhas.ac.id, dengan memilih menu Informasi Umum Jalur Penerimaan, dan Mandiri. (kal/red) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*