web analytics
Minggu , Agustus 14 2022
Home / LIPUTAN / Kebijakan Baru Jalur Non Subsidi (JNS) Unhas

Kebijakan Baru Jalur Non Subsidi (JNS) Unhas

IMG-20220722-WA0028

Makassar, Eksepsi Online – (22/7) Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah diumumkan pada Kamis (23/7). Universitas Hasanuddin (Unhas) memberikan peluang bagi mereka yang belum berhasil lolos pada SBMPTN 2022 untuk mengikuti Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Non Subsidi (JNS) dan Kelas Internasional Tahap II Program Sarjana Tahun Akademik 2022/2023. 

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. drg Muhammad Rislin MKes PhD SpBM(K) menyampaikan bahwa kebijakan ini dilakukan dalam rangka mendorong pendidikan partisipatif sekaligus memberi peluang bagi yang kurang beruntung untuk dapat mengecap pendidikan yang baik dan berkualitas di Unhas. Prof. Rislin juga menyampaikan JNS untuk Tahun Akademik 2022/2023 dibagi menjadi dua tahap. 

Jadwal pendaftaran tahap pertama, 21 Juli s.d 7 Agustus 2022 yang diperuntukkan bagi mereka yang pernah ikut SBMPTN dengan melihat nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan mengikuti Tes Kepribadian pada tanggal 10 Agustus 2022. Sedangkan jadwal pendaftaran tahap kedua, 25 Juli s.d 7 Agustus 2022 yang diperuntukkan bagi mereka yang tidak ikut SBMPTN tetapi harus ikut ujian, di antaranya; 

  1. Tanggal 9 Agustus 2022, Tes Kepribadian (Pagi) dan Tes Bidang Ilmu (Siang).
  2. Tanggal 10 Agustus, English Proficiency Tes (EPT) (Pagi) dan Wawancara (Siang). 

Ada 46 Program Studi yang dibuka pada tahap 2 Jalur Mandiri JNS, beberapa di antaranya adalah Ekonomi Pembangunan, Hukum Administrasi Negara, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Ilmu Politik, Ilmu Pemerintahan, Teknik Pertanian, Biologi, Kimia, Sastra Inggris, Sastra Perancis dan sebagainya.

Sedangkan untuk Tahap 2 Jalur Mandiri Kelas Internasional ada 11 Program Studi yang dibuka, yaitu Manajemen, Akuntansi, Hubungan Internasional, Ilmu Hukum, Kesehatan Masyarakat, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Geologi, Teknik Informatika, Ilmu Keperawatan dan Ilmu Komunikasi. Informasi lebih lanjut dapat diakses pada laman; https://regmhs.unhas.ac.id/ (hvn/red/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*