web analytics
header

PMH I Digelar, Prodi HAN Bergabung

Peserta PMH I berkumpul di parkiran FH-UH sebelum pulang
Makassar, Eksepsi Online-Prosesi Pembinaan Mahasiswa Hukum tahap pertama (PMH I) secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Hukum Unhas (FH-UH), Romi Librayanto, Sabtu (28/9), di Parkiran FH-UH. PMH I akan diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada hari  Sabtu-Minggu, tanggal 28-29 September.

Berbeda dengan tahun lalu, pada tahun ini, PMH I diikuti sejumlah mahasiswa FH-UH dari program studi (prodi)  Ilmu Hukum dan Hukum Administrasi Negara (HAN). Bahkan, tidak hanya mahasiswa prodi HAN angkatan 2013 yang mengikuti PMH I, tetapi juga mahasiswa prodi HAN angkatan 2012 yang tidak sempat mengikuti PMH I tahun sebelumnya.

Saat diwawancarai di akhir acara PMH I hari pertama, Lewi selaku Ketua Panitia PMH I mengungkapkan bahwa  dari 76 mahasiswa Prodi HAN angkatan 2012,  yang mengembalikan formulir pendaftaran PMH I sekitar  20. Katanya, berdasarkan hasil rekapitulasi awal, sekitar 340 mahasiswa  FH-UH  mengikuti PMH I pada hari pertama. Jumlah tersebut dapat saja berubah setelah dilakukan rekapitulasi terhadap daftar kehadiran.

Konsep acara PMH I hari pertama yang indoor, lebih fokus pada pemberian materi. Materi yang diberikan  menyangkut identitas mahasiswa dan karakteristik mahasiswa hukum. Sedangkan keesokan harinya, hanya dipaparkan materi mengenai mahasiswa dan tantangan zaman, selebihnya akan dilanjutkan secara outdoor. Dalam acara outdoor tersebut, mahasiswa akan mengunjungi tiga pos, yaitu pos angkatan 2009, angkatan 2010, pos angkatan 2011.

Menaggapi kemungkinan terjadinya kekerasan fisik oleh oknum tertentu, Lewi menegaskan bahwa hal tersebut akan dihindari, sehingga  PHM I berjalan lancar sesuai dengan harapan. “Besok acara akan berlangsung sesuai harapan teman-teman sekalian, karena selesai kegiatan ini, (PMH I hari pertama) kita akan mengadakan rapat pemantapan untuk membahas hal-hal teknis dengan belajar pada hari ini, sehingga acara besok berjalan dengan baik,” tegasnya.

Selain sebagai persyaratan formal untuk bergabung dalam organisasi intrafakultas, PMH ditujukan membentuk mental seorang mahasiswa. “Fungsi PMH adalah bagaimana mental terbentuk, bagaimana mereka bisa berbicara di tengah orang-orang yang plural,” jelas Lewi, mahasiswa angkatan 2009.

Diwawancarai di akhir acara PMH I hari pertama, dengan pempilan seperti peserta lainnya, mahasiswa prodi HAN angkatan 2012 Muhammad Rezky Al-Idrus mengungkapkan kesenangannya mengikuti PMH I I hari pertama. Selain untuk mengenal  Maba FH-UH lainnya dan bergabung dengan organisasi intrafakultas, ia juga menganggap PMH bermanfaat bagi kepribadiannya. “PMH sangat bermanfaat. Di sini kan kita diuji secara mental, fisik, dan intelektual,” ungkapnya. (RTW)

Related posts: