web analytics
header

Alasan Kemunduran Prestasi Timnas Hukum

Derby. Timnas Hukum A kontra Timnas Hukum B dalam Liga Unhas tahun lalu.

Makassar, Eksepsi Online-Kemunduran pretasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sepak Bola Fakultas Hukum Unhas (FH-UH) dua tahun terakhir ini menuai tanya. Menurut mantan Ketua UKM Sepak Bola FH-UH periode 2010-2011, sekaligus mantan Koordinator Dewan Kehormatan periode 2011-2012, Mohammad Rahman SH, prestasi UKM ini memang mengalami kemunduran, terutama dalam kegiatan Liga Unhas. Sebabnya karena format yang digunakan saat ini berbeda. Jika dulu menggunakan sistem setengah kompetisi, maka sekarang menggunakan sistem Full Tournament.

Sebab lain diungkapkan bahwa yang menjadi kendala adalah pada saat pelaksanaan Liga Unhas, UKM Sepak Bola FH-UH ini bertepatan dengan Musyawarah Besar (Mubes) untuk kepengurusan yang baru, sehingga dapat dipastikan bahwa proses untuk menghadapi Liga Unhas menjadi terganggu. Namun, yang patut dibanggakan saat ini adalah UKM Sepak Bola FH-UH sekarang ini dibanding sebelumnya mengalami perkembangan dalam organisasinya. Dalam hal program kerja bertambah dan pelaksanaannya lebih siap dan matang, serta dana setiap kegiatan yang mereka dapatkan tidak seminim kepengurusan lalu.
“Sebenarnya, yang perlu diperhatikan di UKM Sepak Bola ini adalah, yang pertama, sebaiknya Mubes diundur, agar tidak mengurangi porsi latihan persiapan Liga Unhas.  Perilaku ‘manja’ para pemain juga agar dihilangkan dalam latihan. Dan yang tidak kalah penting, adalah kebersamaannya. Agar lebih dijaga, layaknya slogan pengurus lalu ‘Air mata dan darah jadi satu’,” ungkap mahasiswa pasca-sarjana FH-UH tersebut.

 Prestasi Timnas Hukum Tahun 2005-2012


No
Tahun
Prestasi
1.
2005
Juara II Liga Unhas
2.
2006
Juara I Liga Unhas
3.
2008
Juara II Liga Unhas
4.
2009
Juara I Geologi Cup
Tim Fair Play
5.
2010
Juara I Liga Unhas
6.
2011
Juara I Liga Unhas
7.
2012
Juara II Liga Unhas (Timnas A)
Juara IV Liga Unhas (TImnas B)

 

Rahman juga menambahkan, yang terpenting sekarang adalah, Timnas Hukum yang akan melaju ke Liga Unhas 2014 mendatang harus lebih fokus. Agar kejayaan Timnas Hukum bisa kembali lagi setelah sempat tergeser. (Meli Agustin/Magang)

Related posts: