web analytics
header

Gelar Pesta Rakyat, Mahasiswa KKN Kebangsaan Meriahkan HUT RI di Daerah Perbatasan

Lomba Tarik Tambang di Desa Bungkang, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat

Citizen ReporterHasanuddin Ismail, melaporkan dari perbatasan Indonesia-Malaysia

Lomba Tarik Tambang di Desa Bungkang, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat
Lomba Tarik Tambang di Desa Bungkang, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat
Pontianak, Eksepsi Online – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan 2014 meriahkan HUT RI Ke-69 dengan pesta rakyat di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia. Bekerjasama dengan pemuda dan tokoh masyarakat setempat, pesta rakyat yang digelar di Desa Bungkang, Kabupaten Sanggau, Kalimantan barat tersebut berlangsung dari Senin hingga Selasa, 18-19 Agustus lalu.

Tingginya antusiasme masyarakat perbatasan terlihat dari ratusan warga yang memadati lapangan depan Balai Pertemuan Desa Bungkang. Dari anak-anak hingga lanjut usia turut berpartisipasi dalam berbagai lomba yang diadakan, seperti tarik tambang, balap karung, balap bakiak, makan kerupuk, lari kelereng, memasukkan paku dalam botol, dan lain sebagainya.

Bunyi petasan turut mewarnai penutupan lomba yang dilanjutkan dengan makan bersama tersebut. Dalam kesempatan itu pula masyarakat perbatasan berharap agar mahasiswa KKN dapat menyampaikan aspirasi mereka kepada pemerintah pusat agar daerah perbatasan mendapatkan perhatian yang serius.

Hasanuddin Ismail, salah satu mahasiswa KKN Kebangsaan di Desa Bungkeng mengungkapkan bahwa sumber pendanaan pada kegiatan pesta rakyat tersebut berasal dari swadaya masyarakat. “Kurang lebih empat hari persiapan, alhamdulillah kami dapat mengumpulkan dana sekitar 1 juta rupiah. Terima kasih banyak kepada seluruh masyarakat atas kontribusi dan partisipasinya dalam pesta rakyat ini sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” ungkapnya.

Related posts: