web analytics
header

Sesi Alumni Bahas Pemerintahan yang Baik dalam Perspektif Humanis

eksepsii
Dokumentasi Eksepsi

Makassar, Eksepsi Online – Dialog Publik yang disebut Sesi Alumni sebagai rangkaian Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (FH-UH) Ke-68 di Aula Baharuddin Lopa, Rabu (26/2) menghadirkan dua alumni FH-UH sebagai pembicara.

Ina Kartikasari sebagai pembuka dialog menjelaskan bahwa terbangunnya pemerintahan yang baik dengan sisi humanis tak lepas dari tiga hal, yaitu ; tanggung jawab pemerintah, adanya keterbukaan serta partisipasi masyarakat, ketiga hal tersebut sangat berdasar pada demokrasi. “Good Governence tidak lepas dari Demokrasi. dengan itu, semua kepentingan masyarakat akan terpenuhi.” Jelasnya ditengah dialog.

Lebih lanjut, Ina selaku Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan juga menjelaskan bahwa tugasnya sebagai wakil rakyat tidak lepas dari fungsinya memenuhi segala kebutuhan masyarakat. “Tugas kami sebagai perwakilan masyarakat yg terpilih, tidak terlepas dari fungsi utama kami.” Tutup Ina.

Senada dengan Ina, Munafri Arifuddin yang turut hadir sebagai pembicara kedua dialog juga berharap bahwa dalam menjadikan suatu pemerintahan lebih baik, sisi humanis turut disertakan dalam setiap produk hukum yang dihasilkan. “Produk hukum yg dihasilkan, harus mampu meninggikan sisi humanis dalam masyarakat. sehingga tidak tajam kebawa tumpul diatas” Tegasnya ditengah dialog. 

Munafri juga menyampaikan bagaimana seharusnya pemerintahan berjalan. 
“sisi humanis harus ada dalam menjaga koridor seperti apa kita mengartikan suatu keilmuan, bukan sekedar pengetahuan, tapi juga kemanusiaan” Tutupnya. (Fni)

Related posts: