web analytics
header

Kuliah Umum Mensosialisasikan Cara Menulis Karya Ilmiah yang Benar

eksepsii
Dokumentasi Eksepsi

Makassar, Eksepsi Online – Kuliah Umum Penulisan Karya Ilmiah yang diberikan oleh Prof. Dr. Irwansyah, S.H., M.H., dilaksanakan di Baruga Prof. Dr. Baharuddin Lopa, S.H. pukul 08:00 WITA (27/2)

Pada kuliah umum ini Irwansyah memberikan materi bagaimana cara penulisan karya ilmiah terutama pada penulisan jurnal, skripsi, disertasi, dan tesis. Kuliah umum yang dipimpin oleh Ahsan Yunus, S.H., M.H., tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa S1 saja, namun ada juga mahasiswa S2.

Materi yang dibeikan oleh irwansyah mencakup bagaimana cara penelitian untuk membuat karya ilmiah untuk mahasisa S1, S2, dan S3 membuat judul sampai bagaimana cara menyusunnya dari bagian awal sampai bagian akhir. Selain itu Irwansyah juga menyarankan apabila membuat karya ilmiah harus menggunakan sumber yang terbaru.

“waktu kalian  membuat karya ilmiah nanti, usahakan untuk selulu dari sumber terbaru karena dalam sumber terbaru pasti ada penelitian yang baru, ada hasil yang baru. Jadi intinya kalian harus up to date dan juga setiap awalan jurnal lebih baik dimulai dengan kutipan.”ujar Irwansyah.

Selain itu Irwansyah juga menyampaikan alasan mengapa orang menulis jurnal yaitu karena untuk ujian, laporan, gagasan, golongan.

“kenapa orang menulis jurnal? bisa karena ada ujiannya, seperti ujian kenaikan pangkat dan lain-lain, selanjutnya menulis jurnal karena laporan seperti diperusahaan yang berisikan hal-hal tentang perusahaan itu kemudian dimasukkan kedalam media perusahaanya, kemudian karena gagasan, dia menulis jurnal hanya ketika ada gagasan yang ditemukan, dan terkahir itu golongan yang memang membuat jurnal karena pekerjaannya cuma menulis jurnal saja.” (shy)

 

Related posts: