web analytics
header

Berikut 3 Jalur Seleksi Masuk Unhas Tahun 2023

Sumber: Google
Sumber: Google
Sumber: Google

Makassar, Eksepsi Online (6/1) Ada yang berbeda dari seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun ini. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi baru saja meluncurkan Sistem Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023.

Sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2023 ini tidak lagi diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), melainkan oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri. Terdapat 3 (tiga) jalur masuk dalam seleksi tahun ini.

Direktorat Pendidikan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin melalui akun instagram @akademikunhas pun mempublikasikan tiga jalur masuk yang dimaksud.

Pertama, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Seleksi ini dilakukan berdasarkan nilai akademik atau nilai akademik dan prestasi. Peserta Tidak dipungut biaya.

Kedua, Seleksi Nasional Bersasarkan Tes (SNBT). Jalur kedua ini mewajibkan peserta untuk menempuh Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) terlebih dahulu. Seleksinya berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain. Biaya dalam jalur ini ditanggung peserta & subsidi pemerintah.

Lantas yang terakhir, ada jalur Mandiri. Seleksi mandiri PTN menggunakan nilai UTBK & non-UTBK. Khusus jalur ini dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing. 

Adapun kuota tiap prodi untuk setiap jalur yakni, minimum 20% untuk SNBP, minimum 30% untuk SNBT dan maksimum 50% untuk Mandiri.

Jalur SNBP menjadi jalur yang sudah mulai memasuki tahapannya pada Januari ini. Berikut beberapa tahapan dalam jalur SNBP:

  1. Pengumuman Kuota (Bagi sekolah sesuai akreditasi dan jumlah siswa)
  2. Registrasi akun SNPMB Bagi sekolah (Wajib  bagi sekolah untuk registrasi di laman Portal SNPMB: portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
  3. Registrasi akun SNPMB bagi siswa (Wajib bagi siswa untuk registrasi di laman portal SNPMB: portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
  4. Melihat Data (SNPMB menginformasikan jumlah siswa yang eligible mendaftar SNBP berdasarkan akreditasi sekolah)
  5. Sekolah menentukan calon peserta (Berdasarkan data di SNPMB dari jumlah siswa dan akreditasi di Dapodik)
  6. Pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) oleh sekolah.
  7. Pendaftaran SNBP (Siswa yang datanya masuk dalam PDSS melakukan pendaftaran SNBP di laman: portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id)
  8. Pilihan PTN dan program studi (Pendaftar dapat memilih paling banyak 2 PTN)
  9. Pengunggahan portofolio (Wajib bagi peserta yang memilih program studi seni dan olahraga).
  10. Seleksi jalur SNBP berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN.
  11. Pengumuman (Hasil kelulusan SNBP dilihat di laman SNBP atau mirrornya pada 28 Maret 2023 pada pukul 16.00 WITA)
  12. Daftar ulang (Dilakukan di PTN tempat calon mahasiswa diterima dan mengikuti ketentuan PTN tersebut)

Informasi lebih lanjut tentang SNBP dan UTBK-SNBT 2023 dapat dilihat melalui laman resmi http://www.snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. (lyn)

Related posts: