web analytics
header

DJMTD 2024 LPM BIOma: Ruang Ekspresi Jurnalistik

Sumber: Dokumentasi Panitia Pelaksana

Makassar, Eksepsi Online – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) BIOma Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar pembukaan Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) 2024 mengangkat tema “Jurnalisme 360 : Meneropong Dunia Melalui Lensa Kreatif Mahasiswa,” yang dilaksanakan secara luring di FF 104-105 FMIPA UNM, pukul 13.00 WITA, Jumat (29/03/2024).

Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar Tahun 2024 atau yang disingkat DJMTD 2024 adalah salah satu program kerja tahunan Bidang Research & Development yang bergerak dalam bidang perekrutan dan pengembangan sumber daya manusia serta pengembangan potensi reporter baru LPM BIOma HMJ Biologi FMIPA UNM.

Muhammad Tasnim Mubarak selaku Ketua Umum HMJ Biologi FMIPA UNM Tahun 2023 membuka langsung kegiatan pembukaan DJMTD 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh Steering Committee, pengurus LPM BIOma HMJ Biologi FMIPA UNM Periode 2024-2025, Ketua Umum HMJ Biologi FMIPA UNM Periode 2023-2024, Perwakilan BKMB HMJ Biologi FMIPA UNM Periode 2024-2025, tamu undangan, serta calon reporter baru LPM BIOma HMJ Biologi FMIPA UNM yang berjumlah 52 peserta.

Sarmila Natasya Andis selaku Koordinator Steering Committee DJMTD 2024, mengungkapkan DJMTD merupakan kegiatan yang dapat para peserta gunakan untuk menuangkan minat dan bakatnya yang tentunya di bidang jurnalistik.

“DJMTD merupakan kegiatan yang sangat luar biasa untuk adik-adik peserta menuangkan minat dan bakat dalam dunia jurnalistik,” ungkapnya.

Nur Aisyah selaku Ketua Bidang Research & Development berharap agar para peserta tetap semangat dalam mengikuti kegiatan DJMTD dan memahami setiap materi yang disampaikan.

“Jadi, harapannya untuk teman-teman peserta agar semuanya memiliki semangat yang sama dari awal hingga akhir, dengan kata lain agar tidak terjadi seleksi alam ke depannya. Selain itu, kami juga berharap agar materi yang diterima dapat digunakan sebagai bekal dalam turun lapangan,” harapnya.

Adapun tahapan dari kegiatan ini, yaitu 1) Pemberian materi dan pelatihan jurnalistik, 2) Proses magang, dan 3) Pengukuhan. Peserta yang telah mengikuti rangkaian kegiatan tersebut akan dikukuhkan dan resmi menjadi anggota LPM BIOma. (grd)

Related posts: