web analytics
header

Sambangi Kampus Merah, Dewan Pers Bahas Kemerdekaan Pers Mahasiswa

Sumber: Dokumentasi Reporter Eksepsi

Makassar, EksepsiOnline – Jumat (28/06) Dewan Pers melakukan kegiatan sambang kampus ke Universitas Hasanuddin (Unhas), dimana kegiatan sambang kampus tersebut dirangkaikan dengan Talk Show yang mengangkat tema Kemerdekaan Pers, Jurnalisme Warga, dan Peran Media Sosial. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Ruang Senat Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor Unhas yang dalam hal ini di wakili oleh Abdulah Sanusi selaku Direktur Kemahasiswaan Unhas, dan turut dihadiri secara online Dr. Ninik Rahayu selaku Ketua Dewan Pers.

Dalam sambutannya, Ninik Rahayu membahas terkait MoU Dewan Pers dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbutristek), dimana Ninik Rahayu menyebutkan bahwa penandatanganan MoU dengan Kemendikbutristek merupakan upaya pemberian perlindungan kepada Pers Mahasiswa yang ada di Kampus.

“…upaya-upaya memberikan perlindungan pada Pers Kampus dapat terselenggara dengan baik, baik secara langsung dilakukan oleh para mahasiswa dengan dukungan kampus maupun konstituen Dewan Pers,” tuturnya.

Selain itu Ninik Rahayu juga berharap bahwa selain bertujuan memberikan perlindungan kepada Pers Mahasiswa, MoU tersebut juga dapat memberikan peluang dan kesempatan kepada Pers Mahasiswa untuk melakukan magang di 11 konstituen Dewan Pers, dimana 4 diantaranya adalah Asosiasi Wartawan dan 7 Asosiasi Perusahaan Pers.

Kemudian adapun pembicara yang dihadirkan pada Talk Show kali ini adalah M. Agung Dharmajaya selaku Wakil Ketua Dewan Pers, Alem Febri Sonni selaku Kepala Lembaga Penerbitan Unhas, Herwin Bahar selaku Ketua AMSI Sulawesi Selatan, dan Runi Virnita Mamoto selaku Influencer Makassar.

Talk Show tersebut diadakan oleh Dewan Pers untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada mahasiswa terkait kemerdekaan pers, jurnalisme warga dan juga peran media sosial dalam konteks pemberitaan. (mxi)

Related posts: