web analytics
header

Aksi Unjuk Rasa Tolak Revisi UU Pilkada

Sumber: Dokumentasi Reporter Eksepsi

Makassar, Eksepsi Online (23/8) – Sejumlah massa dari mahasiswa berbagai Universitas dan aktivis dari lembaga masyarakat di Makassar melakukan aksi di Jalan AP Pettarani pukul 13.00 pada Kamis (22/8).

Massa melakukan aksi menolak pengesahan Revisi RUU Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mengenai batas usia minimal pencalonan Kepala Daerah. Sebagaimana putusan MK Nomor 70/PUU-XII/2024 menyatakan batas usia calon kepala daerah harus dipenuhi pada tahapan pencalonan sebagaimana diatur pada Pasal 7 ayat (2) huruf e Undang-Undang tentang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada).

Selain itu mereka juga membawa berbagai spanduk dan poster sebagai simbol perlawanan terhadap DPR yang dinilai telah menyetujui Revisi RUU Pilkada tanpa mempertimbangkan keputusan MK.

Aksi ini bertujuan untuk menyuarakan kepentingan-kepentingan dari berbagai pihak. Hal ini juga sebagai momentum untuk menyuarakan penolakan mereka terhadap revisi Undang-undang yang dianggap merugikan demokrasi dan hak-hak politik warga negara. (zoy)

Related posts: