web analytics
header

Kompetisi Debat PILKADA 2024: Meningkatkan Kesadaran Politik Generasi Muda Sulawesi Selatan

Sumber: Dokumentasi Panitia Pelaksana

Makassar, Eksepsi Online – Rabu (11/09) Lembaga Dialektika Haluan Kebangsaan (LeDHaK) Universitas Hasanuddin (UH) bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Kompetisi Debat Pilkada Antar Pelajar se-Sulawesi Selatan Tahun 2024. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari di Claro Hotel Makassar dengan mengangkat tema PILKADA UNTUK KITA.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kesadaran politik dan mensosialisasikan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Tahun 2024. Kompetisi ini tidak sebagai ajang debat semata, tetapi juga sebagai bentuk pendidikan politik bagi pemilih pemula. Kegiatan ini diikuti oleh 24 tim perwakilan kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan yang telah melewati tahap seleksi di daerah masing-masing.

Ketua Panitia yang dalam hal ini diwakili oleh Ananda Fahrezi menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong pemikiran dan juga gagasan antar pelajar.

“Melalui kompetisi ini, para pelajar tidak hanya di uji kemampuannya dalam membangun argumentasi, tapi juga dituntut memahami sebuah persoalan dari berbagai sudut pandang,” ujarnya.

Hasruddin Husain, S.H., M.H. selaku Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Permas) KPU Sulawesi Selatan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya KPU untuk memperkenalkan bahwa penyelenggaraan PILKADA dan menanamkan kesadaran politik sejak dini.

“Kami berharap para peserta dapat menjadi agen perubahan di lingkungannya, khususnya dalam menciptakan pemilu yang jujur dan adil,” pintanya penuh harap.

Harapannya kegiatan ini mampu meningkatkan pemahaman politik dan PILKADA di Kalangan generasi muda, menguatkan budaya perbedaan pendapat serta implementasi nilai Pancasila dan ke-pemiluan secara komprehensif. Selain itu generasi muda Sulawesi Selatan diharap mampu memahami pentingnya partisipasi dalam demokrasi dan peran mereka dalam menyukseskan PILKADA 2024. (son)

Related posts:

KAPITALISME DI BALIK PTN BH

Oleh: Muhammad Rizqi Ardian (Pengurus LPMH-UH Periode 2023/2024) Transformasi Perguruan Tinggi Negri (PTN) menjadi perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH)