web analytics
header

PMH I Angkatan Diplomasi Dilaksanakan

Prosesi pembukaan kegiatan PMH 1, Sabtu (29/11).

Prosesi pembukaan kegiatan PMH 1, Sabtu (29/11).
Prosesi pembukaan kegiatan PMH 1, Sabtu (29/11). [RAP]

Makassar, Eksepsi Online-Pembukaan Pengkaderan Mahasiswa Hukum Tahap I (PMH I) tahun 2014 berlangsung di lapangan parkir Fakultas Hukum Unhas (FH-UH), Sabtu (29/11). Tema kegiatan ini adalah Pembentukan Mentalitas dan Intelektualitas Mahasiswa Menuju Mahasiswa Hukum yang Tangguh dan Berintegritas. Penyelenggaraan PMH I akan berlangsung selama dua hari, yaitu Sabtu-Minggu (29-30/11), dengan diisi penyajian materi dan games.

Peserta sejumlah 285 orang angkatan 2014 yang diberi nama Diplomasi (Dedikasi Pemuda Intelektual Berorientasi Maritim Untuk Bangsa Indonesia). Dalam sambutannya Presiden BEM FH-UH Dhian Fadlhan Hidayat menyatakan bahwa nama Diplomasi diambil karena adanya proses negosiasi untuk menyamakan persepsi antara pihak BEM dengan pihak birokrasi tentang PMH.

Pembukaan PMH I juga dihadiri Wakil Dekan III Hamzah Halim, Wakil Dekan II Syamsuddin Muchtar, dan sejumlah pengurus lembaga kemahasiswaan. Selain diisi prosesi sambutan, acara pembukaan juga diselingi dengan penampilan tari dan teatrikal.

Hamzah halim menyatakan bahwa tujuan PMH adalah mengenalkan lingkungan kampus, membentuk karakter, melahirkan generasi baru untuk menjaga eksistensi lembaga kemahasiswaan, dan meningkatkan tali silaturahmi antar mahasiswa hukum.

Saat ditemui di sela-sela kegiatan, Ketua Panitia PMH I Muhammad Alqadri mengungkapkan bahwa PMH I ditujukan untuk mempererat tali persaudaraan dan kekeluargaan antar mahasiswa baru. “Tujuan PMH I adalah meningkatkan kebersamaan dan menghilangkan sekat-sekat antar mahasiswa dan dapat menhasilkan kader  yang baik,” ungkap Alqadri .

Sejumlah kendala dalam penyelenggaraan PMH I sebagaimana diungkapkan Alqadri adalah minimnya angkatan 2010 yang terlibat aktif dalam kepanitiaan. Padahal panitia penyelenggara PMH I tahun ini adalah angkatan 2010 berdasarkan Konstitusi Keluarga Mahasiswa. Selain itu, terdapat juga masalah terkait senior yang sulit dikontrol, serta masih enggannya orang tua mahasiswa baru mengikutkan anaknya pada prosesi PMH.

Setelah PMH I, maka PMH II akan diselenggarakan pada tanggal 6-7 Desember. Selanjutnya, PMH III akan dilaksanakan pada tanggal 13-14 Desember. (RAP)

Related posts: