web analytics
Rabu , Maret 22 2023
Home / LEMA FH-UH / MKM / Uji Materil Perkema, Dapur MKM Kembali Menyala

Uji Materil Perkema, Dapur MKM Kembali Menyala

Ilustrasi Eksepsi

Ilustrasi Eksepsi

Eksepsi Online, Makassar – (27/1) Menjelang akhir kepengurusan Mahkamah Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (MKM FH-UH), Salah satu Keluarga Mahasiswa (KEMA) mengajukan permohonan Uji Materil Peraturan Keluarga Mahasiswa (Perkema) FH-UH terhadap Konstitusi KEMA FH-UH.

Naufal Fakhirsha Aksah, mengajukan permohonan pengujian Pasal 11 huruf e Perkema FH-UH No. 1 Tahun 2018 tentang Pemilihan Umum KEMA FH-UH terhadap Pasal 14 Konstitusi KEMA FH-UH.

Sembari memperlihatkan posita permohonannya, Naufal menjelaskan kepada tim eksepsi bahwa latar belakang permasalahan ini dimulai sejak Kongres KEMA FH-UH di tahun 2021-2022 saat Panitia Pemilihan Umum (PPU) kala itu, menolak untuk memberikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) di Kongres KEMA FH-UH.

Sumber: Dokumentasi Eksepsi

Sumber: Dokumentasi Eksepsi

“Kita lihat permasalahan tahun lalu, PPU itu menolak untuk memberikan LPJ di Kongres, kemudian peserta kongres, yang dalam konsiderans Kongres pada saat itu menganggap bahwa PPU tidak melaksanakan kewajibannya, namun PPU menganggap itu bertentangan dengan Konstitusi” terang Naufal.

Merespon hal tersebut, Rismawati Nur, Wakil Ketua MKM FH-UH, mengonfirmasi bahwa permohonan pengujian oleh Naufal telah diterima oleh MKM FH-UH.

“Untuk sementara berkas perkara yang masuk masih diperiksa kelengkapan berkasnya” Jelas Risma. (aim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*