web analytics
header

Pengukuhan Pengurus Lembaga Kemahasiswaan FH-UH Serentak Dilaksanakan Di Barlop

Sumber: Dokumentasi Eksepsi
Sumber: Dokumentasi Eksepsi
Sumber: Dokumentasi Eksepsi

Eksepsi Online, Makassar – (17/2) Pengukuhan Bersama Pengurus Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Tahun 2023 berlangsung pada Kamis (16/2) di Baruga Prof. Dr. Baharuddin Lopa, S.H., Fakultas Hukum (FH) Universitas Hasanuddin (Unhas). Acara tersebut guna mengukuhkan Pengurus Periode 2023/2024 bagi 3 Lembaga Tinggi, 13 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), 5 Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD), dan 1 Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS).


Acara diawali dengan Pelantikan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FH Unhas oleh Presiden BEM dan Wakil Presiden BEM terpilih dengan memimpin sumpah jabatan untuk jajaran kabinet BEM FH Unhas.
Selanjutnya, Prof. Dr. Maskun, S.H., M.H., LL.M, selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dalam laporannya menyampaikan mengenai jumlah lembaga kemahasiswaan yang akan dikukuhkan dan seluruh prestasi yang ditorehkan selama periode 2022/2023.


“Tentunya dengan variasi yang ada, tentunya ini merupakan sebuah kekuatan sebenarnya menurut saya. Sehingga akan menggambarkan bagaimana dinamika kemahasiswaan akan terus berkembang, tumbuh berkembang di Fakultas Hukum Unhas,” ungkap Prof. Maskun.


Pada tahun 2022, prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa FH Unhas antara lain perolehan emas yang setara dengan juara 1 sebanyak 16, perak sebanyak 15, dan perunggu sebanyak 12 untuk kategori lomba nasional dan internasional. Sementara itu, dalam konteks Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas), FH Unhas dalam bidang kemahasiswaan telah berkontribusi bagi universitas dengan 1 emas dan 4 perak yang mana menempatkan FH Unhas sebagai kontributor terbanyak setelah Fakultas Farmasi. Sedangkan perolehan prestasi untuk lomba mandiri, Prof. Maskun menjabarkan bahwa mahasiswa FH Unhas berhasil mendapatkan 14 emas, 9 perak, dan 11 perunggu.


“Mengapa kemudian pada kesempatan kali ini angka-angka ini perlu disebutkan kembali, karena sebenarnya inilah ukuran dan takaran yang harus menjadi perhatian dari seluruh pengurus mulai dari BEM hingga HMPS. Dan ini yang akan menjadi pr kita bersama karena menurut data yang ada Fakultas Hukum Unhas dalam hal ini bidang kemahasiswaan hanya menempati urutan ke-5 sebagai fakultas berprestasi di Universitas Hasanuddin,” terangnya lebih lanjut.


Mengakhiri laporannya, Prof. Maskun berharap agar seluruh elemen dapat berkolaborasi lebih baik lagi sehingga dapat meningkatkan hal yang lebih baik agar kemudian bidang kemahasiswaan FH Unhas dapat memberikan kontribusi lebih bagi universitas. Khususnya yang bisa memberikan _direct impact_ bagi pencapaian partisipasi mahasiswa, terutama dalam konteks perankingan Unhas di panggung nasinal.


Sementara itu, Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H., M.H., M.A.P, selaku Dekan FH Unhas dalam sambutannya berharap agar semua lembaga kemahasiswaan menyusun program berbasis pada kepentingan mahasiswa bukan kepentingan pengurus. Prof. Hamzah kemudian menegaskan bahwa Dekan akan sangat selektif dalam memberikan bantuan yang tidak memberi kontribusi, baik kepada kepentingan mahasiswa terlebih dalam pencapaian target kinerja. (adp)

Related posts: