web analytics
header

ATR/BPN Goes To Campus, Mengisi Pembangunan Menuju Indonesia Emas 2045

Dokumentasi Tim Eksepsi
Dokumentasi Tim Eksepsi
Dokumentasi Tim Eksepsi

Makassar, Eksepsi Online – (18/3) Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melaksanakan Goes To Campus Universitas Hasanuddin dengan tema “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Penyertipikatan Tanah” yang berlangsung di Baruga Prof. Dr. H. Baharuddin Lopa, S.H., Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin pada jumat (17/03).


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Hadi Tjahjanto, S.IP. Selaku Menteri ATR/Kepala BPN, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. Selaku Rektor Unhas, Prof. Dr. Farida Patittingi S.H., M.Hum. Selaku Wakil Rektor III Bidang Sumber Daya Manusia dan Mahasiswa Universitas Hasanuddin. 


Dalam sambutan Leon Alvinda Putra, S.E. selaku penanggung jawab penyelenggara acara tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan ATR/BPN Goes To Campus Kementerian ATR/BPN yang dilaksanakan Universitas Hasanuddin merupakan kegiatan pertama tahun 2023.

“ATR/BPN Goes To Campus dikemas dengan konsep sosialisasi tatap muka yang terdiri adanya dari konosis dan para narasumber bersama target audiens yang terdiri dari mahasiswa dan sis akademika,” jelas Leon.


Selain Goes To Campus kegiatan ini menargetkan audiens bagi mahasiswa yang akan berangkat Kerja Kuliah Nyata (KKN) agar ilmu yang didapatkan di ATR/BPN Goes To Campus bisa menyalurkan ilmu yang mereka didapat di desa-desa tempat mereka KKN.

“Melalui kegiatan ini kami harap Kementerian ATR/BPN dapat membangun dialog dengan dunia pendidikan khususnya dikalangan universitas.” lanjut Leon.


Sambutan tersebut dilanjut oleh Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. selaku Rektor Unhas mengajak seluruh prodi dan program yang ada di Unhas untuk meningkatkan kapasitasnya dalam mendukung Kementerian ATR/BPN.

“Seluruh prodi-prodi dan seluruh program-program ayo tingkatkan kepasitas kita dalam mendukung dan membantu menyelesaikan dan mensupport Kementerian ATR/BPN dari belakang kita ikuti internship yang telah ditunjukkan oleh Kementerian ATR/BPN untuk kita sukseskan,” jelasnya.


“Pemberdaya atas masyarakat yang berkelanjutan nanti akan dihasilkan oleh kajian akademis para dosen dan mahasiswa dari unhas,” ungkap Hadi Tjahjanto, S.IP. selaku Menteri ATR/Kepala BPN menyampaikan keynote speaker.


Tata ruang pertanahan ini menjadi penting untuk meningkatkan investasi dan menuju Indonesia emas tahun 2045, apabila tata ruang dan pertanahan ini dikelola dengan baik, saya yakin tidak akan terjebak pada tingkat wild trip,” lanjut Hadi.


Dalam keynote speaker, ia menjelaskan bahwa tahun 2023 seluruh pelayanan dilakukan secara elektronik yaitu layanan informasi, zona nilai tanah, Surat Keterangan Penyimpangan Barang (SKPB) dan hak tanggungan roya.

“Semuanya sudah berjalan elektronik maka layanan saya, layanan BPN pada masyarakat sudah bisa mencapai 70% layanan secara elektornik,” ungkap Hadi. 

“Mahasiswa-mahasiswi selamat bertugas, selamat belajar, Indonesia menanti saudara-saudari semua untuk mengisi pembangunan menuju Indonesia emas tahun 2045,” tutup Hadi. (yrj)

Related posts: