web analytics
header

Bersuara Lewat Tulisan

Oleh: Wahyudi Sudirman
           
K
etika ibu pertiwi sedang dilanda berbagai permasalahan maka rakyatlah yang pertama kali mendapat imbasnya. Berbagai permasalahan yang melanda Indonesia tersebut tak henti-hentinya timbul bak ombak besar yang melululantahkan daratan yang ada di dekatnya. Berbagai persoalan seringkali didengung-dengungkan oleh para mahasiswa mulai dari permasalahan moral hingga permasalahan kemiskinan.
Salah satu persoalan yang paling urgent di ibu pertiwi ini ialah masalah kemiskinan. Tingginya jumlah penduduk di Indonesia serta minimnya lapangan pekerjaan yang disediakan pemerintah menjadikan banyaknya jumlah pengangguran. Angka pengangguran yang paling mencolok terjadi di daerah ibukota, Jakarta.
Di samping itu, banyak lagi faktor yang menjadi persoalan di Indonesia, salah satunya adalah moral bangsa yang saat ini bisa dibilang mengalami kemunduran. Ketika bangsa lain menuju era kejayaan, Indonesia sendiri malah bergerak di tempat. Negara yang seharusnya bisa menjadi negara adidaya ini malah menjadi lumbung penghasilan bagi negara-negara maju, contohnya saja Amerika dan Malaysia yang mempunyai saham di Indonesia. PT. Freeport merupakan milik perusahaan asal Amerika sedangkan SHELL sendiri merupakan perusahaan minyak asal Malaysia yang juga mempunyai perusahaan di Indonesia. Sebenarnya dengan banyaknya sumber daya alam yang dimiliki, Indonesia dapat mengambil keuntungan sendiri. Namun karena ketiadaan alat untuk mengelola itu semua maka terpaksa Indonesia meminta bantuan dari negara lain untuk mengelola sumber daya alam miliknya.

Dengan segala permasalah diatas, tak heran jika para mahasiswa sering berunjuk rasa untuk menuntut kinerja pemerintah yang kurang memuaskan karena dinilai lebih sering mementingkan ego pribadi maupun golongan. Karena itu pemerintah sebagai wakil rakyat haruslah lebih peka terhadap gejala sosial yang timbul. Namun ketika aspirasi mahasiswa tak lagi didengar oleh pemerintah maka lewat tulisanlah kami, pers mahasiswa, menyuarakan aspirasi kami. Dengan menulis maka kami akan membuat pergerakan menuju sebuah perubahan.

Related posts: